Lakukan Riset Bioethanol Berbahan Dasar Kertas Mahasiswa TI Juara 2 di Kaohsiung International Invention & Design Expo 2019

Ghifari Naufal Rahman, Anindiya Dewi Artanti, Muhammad Firmansyah, Muhammad Ihsan Caniago, dan Giesta Ayunda Sekar Kinasih saat mengikuti international event KADE 2019 di Taiwan

Bandung, Telkom University – Pada Jumat (6/12) mahasiswa Teknik Industri mengikuti perlombaan Kaohsiung International Invention & Design Expo (KADE) 2019 yang dilaksanakan di Taiwan. Mewakili Telkom University, Ghifari Naufal Rahman, Anindiya Dewi Artanti, Muhammad Firmansyah, Muhammad Ihsan Caniago, Giesta Ayunda Sekar Kinasih, dan Azzavira Liyanshurullah mengikuti perlombaan di kategori bioethanol and biotechnology dan berhasil keluar sebagai Juara 2.

KADE ini sendiri merupakan sebuah event internasional berupa exhibition yang mengkombinasikan antara invention, design,dan international conference yang juga mewadahi para peneliti muda. Acara ini diadakan oleh World Invention Intelectual Property Association dan Taiwan Invention Products Promotion Association yang diikuti oleh lebih dari 26 negara diseluruh dunia.

Muhammad Firmansyah, salah satu anggota dari Tim Perthanol menyampaikan bahwa produk yang diusung oleh mereka adalah bioethanol berbahan dasar kertas. Dengan memilih kategori biotechnology, keenam mahasiswa TI ini melakukan riset sains yang kemudian ditunjukkan dan dipresentasikan saat exhibition di Taiwan yang berlangsung selama 2 hari. Ketika diminta untuk menceritakan pengalaman yang berkesan saat mengikuti kompetisi ini, Firman menjawab “lombanya seru banget. Semua momen perjalanan dan lomba disana itu berkesan, tapi yang paling berkesan itu ketika penjurian. Karena kita ga tau kapan jurinya itu datang ke booth kita dan siapa jurinya” tuturnya. Setelah melaksanakan pameran produk selama dua hari berturut-turut, pengumuman juara dilaksanakan dihari berikutnya dan Tim Perthanol yang mewakili Universitas Telkom ini berhasil meraih Juara 2. (jee)

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × four =