Mahasiswa SI Ciptakan Aplikasi Untuk Mengurangi Tingkat Korupsi dan Raih Juara 3

Engla Raafi, Ayu Fitriani, dan Revandika Pratama Siahaan Juara 3 Dengan Ide Membuat Aplikasi Scope

Bandung, Telkom University – Pada Minggu (24/11) Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta melaksanakan lomba perancangan prototype untuk aplikasi web dan mobile. Perlombaan ini mengangkat tema Inovasi Generasi Muda Ciptakan Maha Karya Dalam Mewujudkan Sustainable Development Goals dengan sub-tema sustainable development goals (SDG’s). Mahasiswa Sistem Informasi angkatan 2016 Engla Raafi, Ayu Fitriani, dan Revandika Pratama Siahaan yang mewakilkan Universitas Telkom dengan nama Tim Ambigu ini berhasil keluar sebagai Juara 3.

Ketiga mahasiswa SI ini mengajukan ide aplikasi untuk membantu pemerintah Indonesia agar lebih terbuka kepada masyarakatnya dan dapat mengurangi tingkat korupsi yang terjadi, yang dinamakan Scope. Dari 17 poin SDG yang dikampanyekan oleh MUN, aplikasinya menjadi bentuk aplikatif dari poin ke-16 yaitu peace, justice and strong institution. Scope ini sendiri merupakan aplikasi berbasis iOS yang bertujuan untuk menangani permasalahan yang ada di Indonesia dengan fitur utamanya yaitu E-Report, “fungsinya untuk melaporkan kejadian dilapangan” ucap Engla Rafi. “Contoh adanya kasus pertikaian, ada e-law yang berfungsi untk melihat UU apa yang telah dilanggar oleh pelaku atau diri kita sndiri ketika melakukan kesalahan” tambahnya. Selain itu terdapat fitur E-Payment yaitu fitur yang berfungsi untuk alat transaksi pembayaran seperti pembayaran pajak. Dengan adanya fitur ini akan terlihat transparansi data yang diharapkan dapat mengurangi tingkat terjadinya korupsi di negeri ini.

Ditanya mengenai pengalaman atau episode yang paling berkesan saat mengikuti perlombaan, Raafi memilih momen saat menentukan ide lomba dan saat mempersiapkan perlombaan. “Karna banyak banget perdebatan masalah tema yang akan diambil serta data data yang dibutuhkan. Lalu gimana cara nya mencairkan suasana ketika antar tim lagi stres banget” tuturnya. Setelah mengajukan proposal, dipilih 5 proposal terbaik untuk diperlombakan di Yogyakarta dan Tim Ambigu berhasil menjadi Juara 3.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 11 =