Rencana Strategis

Sasaran strategis fakultas untuk menjadi fakultas yang unggul berkelas dunia pada tahun 2018 dituangkan dalam Renstra periode 2014-2018 yang merupakan penjabaran dari Renstra Universitas Telkom 2014-2018. Gambar 1.4 menunjukan roadmap FRI 2014-2018.

  • 2014: Condusive Academic Atmosphere, difokuskan pada penciptaan suasana akademis dilingkungan FRI. Kondisi ini dicapai melalui program: Pekan Kegiatan Ilmiah (seminar, lokakarya, diskusi, bedah buku, mimbar bebas, dan lain-lain), Pusat Pembinaan Lomba, Kolaborasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (dosen dan mahasiswa), Perwalian, dan Pembimbingan Mahasiswa.
  • 2015: Learning Excellence, difokuskan pada peningkatan kualitas proses kegiatan belajar mengajar dan pengembangan kelas internasional. Program yang dikembangkan: Pemutakhiran kondisi ruangan, infrastruktur, dan teknologi pembelajaran, kualitas dan kuantitas dosen (rasio dosen mahasiswa dan jumlah Doktor), pengembangan metode pembelajaran berbasis Student Centered Learning (SCL), Pengembangan kurikulum baru yang berstandar Internasional, Peningkatan jumlah student exchange, Penambahan mitra PT di Luar Negeri, dan Dual Degree.
  • 2016: Global Networking, difokuskan untuk membangun kerjasama yang luas di dunia Internasional dengan berbagai perguruan tinggi di luar negeri. Kerjasama ini ditujukan untuk meningkatkan akses dan kualitas proses di FRI.
  • 2017: Research Excellence, difokuskan untuk membangun kolaborasi riset internasional, lintas perguruan tinggi dan disiplin ilmu.
  • 2018: Global Recognition, difokuskan untuk meningkatkan brand dan memperkuat daya saing secara internasional. Pencapaian pada tahap ini merupakan akumulasi dari persiapan dari 3 dari tahap sebelumnya, sehingga pada tahap ini akan dilakukan penguatan, penyelarasan serta pengembangan tahap Learning Excellence, Global Networking, dan Research Excellence. Global Recognition diindikasikan melalui peningkatan sitasi internasional terhadap hasil riset yang dilakukan oleh sivitas akademika FRI Universitas Telkom.