Description of Program and History

Selaras dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyertai peradaban manusia di era globalisasi saat ini dan di masa mendatang, mendorong pemerintah dan sektor swasta membangun sumber daya manusia yang handal di bidang Information, Communication Technology and Management. Fakultas Rekayasa Industri (FRI) yang menekankan pada kemampuan merancang solusi berbasis Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi yang memberi nilai strategis (value) terhadap penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian informasi sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Industri telematika terdiri atas kelompok barang dan jasa, meliputi Industri Perangkat (devices), Infrastruktur/Jaringan (access, nodes, transport, support) dan software (piranti lunak) termasuk aplikasi (content). Bagi negara berkembang, piranti lunak dan jasa pada umumnya memiliki peluang yang lebih besar karena relatif tidak memerlukan investasi besar dalam riset dan peralatan pendukung produksi. Hal ini disebabkan terutama karena piranti lunak lebih berbasis pada tenaga kerja berpengetahuan. Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang telematika sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas unit kerja. Paling tidak ada dua macam lapangan kerja: 
(1) Pekerjaan yang menghasilkan produk dan jasa IT (IT enabling job) dan 
(2) Pekerjaan yang dimungkinkan akibat penggunaan produk IT (IT enabled job). 
IT enabling job ini berada di industri telematika sedangkan IT enabled job berada diberbagai sektor ekonomi. IT enabled job sangat memerlukan SDM yang ahli dalam bidang Sistem Informasi yang akan membuat proses bisnis pada sistem integral dapat berjalan lebih baik dengan bantuan teknologi informasi. 

Adanya kesempatan tersebut menuntut pengembangan daya saing industri di bidang Sistem Informasi sehingga pada tahun 2007 Fakultas Rekayasa Industri / d.h Departemen Teknik Industri yang saat itu masih di bawah Institusi Institut Teknologi Telkom membuka Program Studi Sarjana Sistem Informasi dan telah mendapatkan Ijin Operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan No. 235/D/O/2007 tertanggal 30 November 2007. Berdasarkan Surat Keputusan ijin program studi, maka program studi Sistem Informasi pertama kali beroperasi pada tahun 2008 dengan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di fakultas Rekaysa Industri (FRI). Setelah menghasilkan lulusan pertama pada tahun 2012, program studi Sistem Informasi mengajukan akreditasi ke BAN-PT dan mendapatkan predikat “B” dengan No.157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013 dan akan berakhir pada tanggal 20 Juli 2018.