Mahasiswa TI Juara di TCFOA 2019 IPB

Amin Lolos Tim Bawa Pulang Juara III di Kompetisi TCFOA 2019

Bandung, Telkom University – Pada Jumat (27/09) Farhan Aiman Mahasiswa TI angkatan 2016 bersama 2 temannya Audi Isra Eprillia Administrasi Bisnis 2016 dan Putri Hafidzoh Administrasi Bisnis 2017 berhasil meraih Juara III pada ajang Technopreneurship Competition Festival of Agroindustry (TCFOA). TCFOA ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan pengelanan dan perkembangan agroindustri seperti expo produk inovasi, olimpiade sains dan agroindustry, technopreneurship competition (TC), kompetisi essay, infografis dan juga seminar nasional. Tema yang diangkat pada kompetisi kategori TC adalah Millennial’s Innovation for Sustainable Development Goals of Xanthine Alkaloids Material (Coffee, tea, and cocoa), dengan sub-tema health, environment, information and technology, dan community empowerment.

Dengan nama Amin Lolos tim, ketiga mahasiswa Universitas Telkom ini lolos menjadi 10 besar tim finalis yang berkesempatan untuk mempresentasikan business model canvasnya. Kompetisi ini berlangsung selama 3 hari. Farhan, salah satu anggota tim saat diwawancarai mengenai latar belakang dari pemilihan nama tim yang unik tersebut menjelaskan, “Nama tim nya amin lolos karena berdoa ingin lolos dan juara. Jadi nama tim diusahakan yang masuk akal ya karena disebut-sebut orang biar doa dan berkah”. Namun sempat ada penyesalan setelah tim mereka benar-benar lolos, “karena kalo udah lolos berati udah dikabulin kan doa nya? Jadi harusnya amin juara, tapi alhamdulillah juara” tutur Farhan.

Dengan mengikuti perlombaan ini Farhan bercerita bahwa mereka mendapatkan teman baru dan dapat memperluas relasi. Selain itu “kami mendapatkan ide baru lagi disana dan dapat menganalisis tim lawan agar kita tau cara presentasi yang lain gimana” tambahnya. Amin lolos tim menawarkan sebuah sistem berbasis IoT mengenai ekosistem penjualan kopi. Setelah mengirimkan business model canvas (BMC), kemudian dilakukan proses seleksi dan diumumkan BMC yang lolos ke tahapan selanjutnya hingga terpilih 10 tim unggulan untuk mempresentasikan bisnis plannya. Ide yang dipresentasikan di Institut Pertanian Bogor ini berhasil membuat mereka mengalahkan 9 tim finalis lainnya.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.