Teknik Industri Raih Akreditasi Internasioanl IABEE

Program studi S1 Teknik Industri Universitas Telkom memperoleh akreditasi internasional dari International Accreditation Board for Engineering Education (IABEE). Penyerahan diakukan pada tanggal 13 Maret 2017 Oleh Ketua PII, Dr. Ir. A. Hermanto Dardak, MSc.IPU dan diterima langsung oleh Rektor Universitas Telkom Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng., Ph.D di Jakarta. Capaian ini selaras dengan visi FRI untuk menjadi Fakultas berkelas dunia sekaligus menjadi penyemangat untuk mewujudkan World Class Research and Entrepreneurial Faculty.

Menurut Dekan Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom Dr. Agus Achmad Suhendra, Ir., MT, diperolehnya akreditasi International IABEE oleh Prodi TI merupakan wujud diperolehnya Global Recognition yang merupakan indikator utama bagi FRI dalam mewujudkan visinya sebagai Fakultas Berkelas Dunia di tahun 2018, dan ini sekaligus merupakan penyemangat bagi FRI untuk meningkatkan visinya dalam 5 tahun kedepan sebagai World Class Research and Entrepreneurial Faculty. Atas capaian ini Dekan Fakultas Rekayasa Industri memberikan apresiasi kepada seluruh team yang sudah bekerja keras sehingga tercapainya prestasi membanggakan ini.

IABEE diakui Indonesia oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sebagai badan yang bertanggungjawab terhadap akreditasi program-program studi yang memberikan gelar akademik di bidang teknik, teknologi, dan komputasi.

IABEE merupakan salah satu organisasi independen nirlaba yang didirikan sebagaimana bagian dari lembaga Persatuan Insinyur Indonesia (PII) untuk menumbuhkembangkan budaya mutu dalam pengelolaan pendidikan tinggi, khususnya teknik. Ini dicapai melalui penjaminan bahwa program-program studi teknik diselenggarakan dengan memenuhi bakuan minimum dan dengan mempergiat peningkatan mutu yang berkesinambungan dalam lembaga-lembaga pendidikan tinggi.

IABEE dibentuk dengan pembinaan oleh JABEE (Japan Accreditation Board for Engineering Education) yang telah berstatus sebagai penandatangan Washington Accord, yakni perjanjian multilateral yang mengatur kesetaraan lembaga akreditasi mandiri mancanegara untuk bidang Program Studi Teknik. Pada saat ini, IABEE tengah diarahkan untuk dapat menjadi Anggota Bersyarat (Provisional Member) dari Washington Accord sebagai bentuk utama pengakuan internasional terhadap legitimasi kelembagaan maupun sistem akreditasi yang diterapkan oleh IABEE.

Selamat kepada seluruh Tim yang telah bekerja keras untuk mensukseskan proses akreditasi ini, semoga bisa memberikan nilai tambah bagi seluruh stakeholder khususnya mahasiswa.

Congratulation for the International Accreditation from International Accreditation Board for Engineering Education (IABEE).

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + ten =