Shizuoka University Berkolaborasi Dengan Telkom University Dalam International Workshop Business Plan

Seluruh Peserta Workshop dan Para Dosen Dari Universitas Shizuoka dan Universitas Telkom

Bandung, Telkom University – Bisnis merupakan salah satu hal penting yang dapat membantu perekonomian negara, karena di dalamnya tersedia barang, jasa, dan juga lapangan pekerjaan. Hampir semua yang kita gunakan sehari-hari diproduksi oleh sebuah bisnis dan dijual oleh bisnis lainnya. Untuk membangun sebuah bisnis, entrepreneur kerap membuat business plan terlebih dahulu. Business Plan menjadi sebuah tool strategis untuk para enterpreneur karena dalam perencanaan ini terdapat langkah-langkah spesifik yang dapat menyukseskan ide bisnis dan mencapai tujuan baik itu short-term maupun long-term.

Tanaka Laboratory dari Departemen Informatika Universitas Shizuoka, Jepang berkolaborasi dengan Technopreneurship Laboratory dari Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom dan melaksanakan International Workshop Business Plan to Generate Innovation. Workshop yang dimulai pada Rabu (18/12) dan berlangsung selama tiga hari ini dilaksanakan di Universitas Telkom dengan luaran berupa business plan dari peserta.

Para Peserta Dibagi Menjadi Tim dan Mempersiapkan Presentasi Ide Bisnis Yang Diajukan

Workshop penelitian ini sendiri berfokus pada ranah sistem informasi dan juga bertujuan untuk mempromosikan pemahaman lintas budaya antar para peneliti yang berasal dari kedua universitas. Peserta dibagi ke dalam lima kelompok untuk mengembangkan sebuah ide bisnis dan membuat proposal rencana bisnis. Sebelum itu diberikan pelajaran mengenai metode-metode yang dapat digunakan untuk membuat rencana bisnis ini. Pemberian materi ini disampaikan langsung oleh Prof. Kadono Yasuo, Prof. Hirokazu Tanaka,dan Prof. Hamada Yoshiaki yang merupakan professor dari Departemen Informatika Universitas Shizuoka. Setelah dibekali pengetahuan, peserta juga diajak untuk melakukan survey on the spot di Kota Bandung untuk menambah insight terhadap ide bisnis yang akan dikembangkan. Kegiatan yang dilakukan selain merancang business plan yaitu pengenalan budaya di Jepang seperti kehidupan kampus, makanan, hingga budaya para kaula muda.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.