Selaras dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyertai peradaban manusia di era globalisasi saat ini dan di masa mendatang, mendorong pemerintah dan sektor swasta membangun sumber daya manusia yang handal di bidang Information, Communication Technology and Management. Salah satu bidang ilmu berbasis ICT yang sangat berkembang dan membutuhkan SDM yang sangat besar adalah Sistem Informasi yang menekankan pada kemampuan merancang solusi berbasis Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi yang memberi nilai strategis (value) terhadap penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian informasi sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya. Industri telematika terdiri atas kelompok barang dan jasa, meliputi Industri Perangkat (devices), Infrastruktur/Jaringan (access, nodes, transport, support) dan software (piranti lunak) termasuk aplikasi (content). Bagi negara berkembang, piranti lunak dan jasa pada umumnya memiliki peluang yang lebih besar karena relatif tidak memerlukan investasi besar dalam riset dan peralatan pendukung produksi. Hal ini disebabkan terutama karena piranti lunak lebih berbasis pada tenaga kerja berpengetahuan. Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang telematika sangat diperlukan untuk meningkatkan produktivitas unit kerja. Paling tidak ada dua macam lapangan kerja:
(1) Pekerjaan yang menghasilkan produk dan jasa IT (IT enabling job) dan
(2) Pekerjaan yang dimungkinkan akibat penggunaan produk IT (IT enabled job).
IT enabling job ini berada di industri telematika sedangkan IT enabled job berada diberbagai sektor ekonomi. IT enabled job sangat memerlukan SDM yang ahli dalam bidang Sistem Informasi yang akan membuat proses bisnis pada sistem integral dapat berjalan lebih baik dengan bantuan teknologi informasi.

Adanya kesempatan tersebut menuntut pengembangan daya saing industri di bidang Sistem Informasi sehingga pada tahun 2007 Fakultas Rekayasa Industri / d.h Departemen Teknik Industri yang saat itu masih di bawah Institusi Institut Teknologi Telkom membuka Program Studi Sarjana Sistem Informasi dan telah mendapatkan Ijin Operasional dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan No. 235/D/O/2007 tertanggal 30 November 2007. Berdasarkan Surat Keputusan ijin program studi, maka program studi Sistem Informasi pertama kali beroperasi pada tahun 2008 dengan memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/SMK sederajat untuk mendapatkan pendidikan dan keahlian di bidang Sistem Informasi di Tingkat Sarjana (S1). Setelah menghasilkan lulusan pertama pada tahun 2012, program studi Sistem Informasi mengajukan akreditasi ke BAN-PT dan mendapatkan predikat “B” dengan No.157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013 dan akan berakhir pada tanggal 20 Juli 2018.

Program Studi Sistem Informasi merupakan program studi yang terdiri dari 2 domain, yaitu Bisnis dan Teknologi. Sistem Informasi menjembatani kesenjangan antara komponen teknis (teknologi informasi dan komunikasi) dan komponen non teknis (bisnis dan manajemen), sehingga lulusan dari program studi Sistem Informasi akan memiliki kompentesi teknologi dan kompetensi Bisnis. Program studi Sistem Informasi menekankan pada bagaimana memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi bisnis atau organisasi serta mampu memberikan evaluasi terhadap nilai strategis dari pemanfaatan TIK dalam pencapaian tujuan organisasi. Mahasiswa program studi Sistem Informasi akan banyak mempelajari mengenai fungsi bisnis yang ada di organisasi, bagaimana memodelkan dan melakukan perbaikan proses bisnis, melakukan analisis dan desain untuk menciptakan sistem informasi yang dibutuhkan oleh organisasi, serta memiliki kemampuan berpikir kritis, analitis, berkomunikasi yang baik dan beretika profesional.

Visi

Menjadi program studi yang berkelas dunia berbasis riset dan teknologi yang terintegrasi dengan industri berskala enterprise dan industry digital.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan berstandar internasional yang terintegrasi dengan penelitian dan layanan kepada masyarakat
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang sistem informasi yang diakui secara internasional
  3. Memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan manajemen di bidang sistem informasi dalam kerjasama dengan pemerintah, masyarakat, dan industri untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa

Tujuan

Program Sarjana Sistem Informasi diarahkan pada penyelenggaraan program pendidikan sarjana agar :

  1. Tercapainya kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, kompetensi di bidang sistem informasi, dan memiliki daya saing nasional dan internasional
  3. Menciptakan atmosfir akademik yang mendorong budaya belajar aktif, riset yang berkelanjutan dan terintegrasi, serta jiwa kewirausahaan di kalangan sivitas akademika
  4. Menghasilkan karya penelitian dan produk inovasi di bidang sistem informasi yang bermanfaat bagi masyarakat dan mendukung pembangunan ekonomi nasional

Tabel di bawah ini menunjukkan Profil Lulusan Sistem Informasi Universitas Telkom yang merupakan peran yang dapat dilakukan setelah menjalani semua proses pembelajaran di program studi Sistem Informasi.

No. Profil Lulusan Keterangan
1 Information System Developer

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi Sistem Informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif.

Pilihan Karir : Web Programmer, Mobile Programmer, Application Tester

2 System Integrator

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan dalam menganalisis, memodelkan proses bisnis dan data, mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menerapkan solusi berbasis Sistem Informasi guna membantu individu, kelompok dan organisasi dalam mencapai tujuannya.

Pilihan Karir : Business Process Analyst, System Analyst, Enterprise Architect, ERP Specialist

3 Database Specialist

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan dalam menganalisis data, merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan basis data, dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem.

Pilihan Karir: Database Designer, Database Programmer, Database Administrator, Data Analyst

4 IT Governance, Risk, and Compliance Specialist

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, dan merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.

Pilihan Karir : IT Consultant, IT Auditor

5 Network Specialist

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menerapkan, memelihara, mendukung, mengembangkan solusi dalam permasalahan perancangan jaringan komunikasi dalam suatu organisasi atau antar organisasi.

Pilihan Karir : Network Administrator, Network Analyst, Network Engineer

6 Technopreneur

Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah di masyarakat.

Tingkat I : Dasar Kemampuan Bisnis, Manajemen, Teknis
(IS Fundamental – Basic Science)

Semester 1
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 MUH1B3 Kalkulus 1B 3
2 DUH1A2 Literasi TIK 2
3 ISH1A3 Pengantar Sistem Informasi 3
4 ISH1B3 Sistem Enterprise* 3
5 MSH2A3 Matematika Diskrit A 3
6 LUH1B2 Bahasa Inggris 2
7 HUH1X2 Pendidikan Agama dan Etika 2
Total SKS 18

 

Semester 2
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 SEH1F3 Probabilitas dan Statistik 3
2 MUH1G3 Matriks dan Ruang Vektor 3
3 ISH1C3 Kepemimpinan dan Komunikasi Interpersonal 3
4 ISH1E3 Algoritma dan Pemrograman 3
5 ISH1F1 Praktikum Algoritma dan Pemrograman 1
6 ISH1G3 Perilaku Organisasi 3
7 LUH1A2 Bahasa Indonesia 2
Total SKS 18

 

Tingkat II : Pemenuhan Kebutuhan Bisnis (IS Core)

Semester 3
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 SEH2A3 Statistika Industri* 3
2 ISH2A3 Pemrograman Berorientasi Objek* 3
3 DUH2A2 Kewirausahaan 2
4 ISH2B3 Pemodelan Proses Bisnis 3
5 ISH2C4 Struktur Data dan Algoritma* 4
6 ISH2D4 Desain Jaringan Komputer & Komunikasi Data* 4
Total SKS 19

 

Semester 4
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH2E3 Analisis dan Perancangan Sistem Informasi* 3
2 ISH2F3 Perancangan Interaksi 3
3 SEH3A3 Manajemen Rantai Pasok* 3
4 SEH2B3 Rekayasa Proses Bisnis* 3
5 ISH2G4 Sistem Basis Data* 4
6 ISH2H4 Manajemen Jaringan Komputer* 4
Total SKS 20

 

Tingkat III : Problem Solving (IS Depth)

Semester 5
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH3A3 Arsitektur Enterprise* 3
2 ISH3B3 Sistem dan Manajemen Sumber Daya Manusia* 3
3 ISH3C3 Manajemen Proyek Sistem Informasi 3
4 ISH3D4 Pengembangan Aplikasi Web* 4
5 ISH3E3 Dasar Sistem Operasi* 3
6 ISH4XX MK Peminatan Pilihan I 3
Total SKS 19

 

Semester 6
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH3F3 Sistem Akuntasi dan Manajemen Keuangan* 3
2 ISH3G4 Keamanan Sistem Informasi* 4
3 ISH3H4 Rekayasa Perangkat Lunak: Capstone Project 4
4 ISH3I3 Manajemen Layanan 3
5 ISH3J4 Pengembangan Aplikasi Bergerak* 3
6 ISH4XX MK Peminatan Pilihan II 3
Total SKS 20
SEH4H2 Kerja Praktek (diambil di Smt 8) 2

 

Tingkat IV : Spesialisasi (IS Breadth : Peminatan)

Semester 7
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4A2 Metode Penelitian dan Penyusunan Karya Ilmiah 2
2 ISH4B3 Integrasi Aplikasi Enterprise 3
3 ISH4C3 Tata Kelola dan Manajemen Teknologi Informasi 3
4 ISH4D3 Manajemen Hubungan Pelanggan 3
5 ISH4E3 Bahasa Inggris Untuk Karir 3
6 ISH4XX MK Peminatan Pilihan III 3
Total SKS 17

 

Semester 8
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 HUH1G3 Pancasila dan Kewarganegaraan 3
2 ISH4E2 Etika Profesi Regulasi Teknologi Informasi dan Budaya Internasional 2
3 ISH4F2 Pelatihan dan Sertifikasi (Sesuai Peminatan) 3
4 SEH4H2 Kerja Praktek 2
5 ISH4G4 Tugas Akhir 4
Total SKS 14
6 ISH4H4 Co-Op (optional) 4

 

Daftar Mata Kuliah Bidang Peminatan

Kelompok Keahlian: Enterprise System Development

Enterprise System Development : System Developer
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4I3 Pengembangan Aplikasi Multimedia 3
2 ISH4J3 Pemasaran Digital 3
3 ISH4K3 e-Business 3

 

Enterprise Data Management
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4L3 Manajemen Basis Data 3
2 ISH4M3 Data Warehouse dan Intelijen Bisnis 3
3 ISH4N3 Penggalian Data dan Analitika Bisnis 3

 

Technopreneurship
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4O3 Pengembangan Inisiatif IT Bisnis I : Aplikasi Bisnis Teknologi Informasi 3
2 ISH4P3 Pengembangan Inisiatif IT Bisnis II : Seminar Produk 3
3 ISH4Q3 Pengembangan Inisiatif IT Bisnis III : Implementasi dan Tes Pasar 3

 

Kelompok Keahlian: Enterprise Solution & Assurance

ERP : ERP Specialist
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4R3 Kustomisasi ERP 3
2 ISH4S3 Konfigurasi dan Implementasi ERP 3
3 ISH4T3 Adopsi ERP dan Manajemen Perubahan 3

 

IS Management
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
2 ISH4V3 Teknik Audit dan Kontrol Sistem Informasi 3
1 ISH4U3 Manajemen Risiko dan Keamanan Informasi 3
3 ISH4W3 Manajemen Data Enterprise 3

 

Enterprise Architecture
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH4X3 Perencanaan Strategi Sistem Informasi 3
2 ISH4Y3 Arsitektur Sistem Informasi Lanjut 3
3 ISH4Z3 Implementasi Arsitektur Enterprise 3

 

Enterprise Infrastructure
No
Kode
Mata Kuliah
SKS
1 ISH413 Manajemen Layanan Jaringan 3
2 ISH423 Manajemen Pusat Data 3
3 ISH433 Forensika Komputer dan Keamanan Siber 3

Capaian pembelajaran Program Studi Sistem Informasi yang sesuai KKNI (Peraturan Presiden No. 8 Tahun 2012) yang mengandung 4 (empat) unsur, yaitu unsur sikap dan tata nilai, unsur penguasaan keilmuan, dan unsur kewenangan dan tanggung jawab (keterampilan Umum dalam SN Dikti), dan unsur kemampuan kerja (Keterampilan Khusus dalam SN DIKTI) yang merupakan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang sesuai dengan Peraturan Menteri No. 049 Tahun 2014 untuk kualifikasi KKNI jenjang 6 (S1).
Uraian tentang parameter pembentuk setiap Deskriptor KKNI Level 6 untuk menentukan capaian pembelajaran program studi S1 Sistem Informasi adalah sebagai berikut.

  1. Sikap dan Tata Nilai, yaitu perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual, personal, maupun sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  2. Pengetahuan, merupakan rumusan tingkat keluasan, kedalaman, dan kerumitan/kecanggihan pengetahuan tertentu yang harus dimiliki, sehingga makin tinggi kualifikasi seseorang dalam KKNI ini dirumuskan dengan makin luas, makin dalam, dan makin canggih pengetahuan/keilmuan yang dimilikinya.
  3. Keterampilan Umum, merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
  4. Keterampilan Khusus, menunjukkan kemampuan kerja di bidang Sistem Informasi, metode /cara yang digunakan, menyatakan tingkat kualitas hasil yang dapat dicapai serta tingkat tanggung jawab dalam bidang kerja Sistem Informasi.

Tabel di bawah ini menjelaskan secara spesifik mengenai capaian pembelajaran program studi Sarjana Sistem Informasi untuk setiap unsur yang sesuai dengan KKNI dan SN Dikti.

CAPAIAN PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI S1 SISTEM INFORMASI
SIKAP

1.Memiliki kepribadian dan akhlak yang baik, menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat orang lain

2.Memiliki moral, etika, bertanggungjawab, dan bersikap profesional atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

3.Memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

PENGUASAAN PENGETAHUAN

1.Menguasai konsep dasar dibidang matematika, statistika, komputasi (algoritma) dalam menyelesaikan permasalahan dibidang Sistem Informasi secara prosedural

2.Menguasai pengetahuan dasar di bidang Sistem Informasi terkait manusia, software, hardware, data, dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

3.Menguasai metode, teknik, proses, dan tools dalam menganalisis kebutuhan sistem, mendesain dan membangun solusi berbasis Sistem Informasi untuk menyelesaikan permasalahan di organisasi

4.Menguasai fungsi-fungsi sistem informasi pada organisasi, kerangka kerja dan strategi untuk manajemen pemanfaatan teknologi informasi, desain arsitektur enterprise, integrasi sistem, analisis investasi teknologi informasi yang berorientasi pada pemenuhan kebutuhan organisasi

5.Menguasai konsep dasar untuk memodelkan kebutuhan terhadap data, meningkatkan kualitas dan keamanan data, dan pengelolaan data dan informasi untuk memberikan kapabilitas organisasi dalam pengambilan keputusan

6.Menguasai konsep dasar infrastruktur teknologi informasi dengan berbagai macam platform untuk mendukung strategi pemanfaatan sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan di organisasi

KETERAMPILAN UMUM

1.Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlian Sistem InformasiMenguasai konsep dasar infrastruktur teknologi informasi dengan berbagai macam platform untuk mendukung strategi pemanfaatan sistem informasi untuk memenuhi kebutuhan di organisasi

2.Mampu melakukan negosiasi terhadap pemanfaatan sumber daya yang dibutuhkan untuk pencapaian tujuan organisasi dan mengembangkan relasi.

3.Mampu berkomunikasi antar personal baik dalam bentuk tulisan, diskusi, dan presentasi yang efektif

4.Mampu bekerjasama dalam tim dan bertanggung jawab terhadap penyelesaian pekerjaan yang diberikan

5.Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada individu yang berada di bawah tanggungjawabnya

KETERAMPILAN KHUSUS

1.Mempunyai keahlian dalam mengidentifikasi, menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi sistem informasi dalam memenuhi kebutuhan organisasi

2.Mempunyai keahlian dalam menganalisis, memodelkan, melakukan perbaikan proses bisnis untuk menyelesaikan permasalahan organisasi, serta mampu menginstalasi, mengoperasikan, dan mengkustomisasi perangkat lunak berbasis ERP pada area fungsional bisnis

3.Mempunyai keahlian dalam mengidentifikasi, merumuskan, membuat, mengolah, mengorganisasikan, mengelola basis data untuk memenuhi kebutuhan terhadap informasi bagi keberlanjutan bisnis suatu organisasi

4.Mempunyai keahlian dalam melakukan evaluasi kepatuhan terhadap standar pemanfaatan TIK di organisasi dan memberikan rekomendasi terhadap pemanfaatan sumber daya TIK sesuai dengan kebutuhan bisnis untuk bersaing secara global

5.Mempunyai keahlian untuk menerapkan, memelihara, mendukung, mengembangkan solusi dalam permasalahan perancangan jaringan komunikasi dalam suatu organisasi atau antar organisasi

6.Mampu menerapkan pengetahuan bisnis dalam mengembangkan kapasitas menjadi technopreneurship

(Sumber: Buku Kurikulum 2016 Program Studi S1 Sistem Informasi)