Visi
“Pada tahun 2025 menjadi Program Studi Magister Sistem Informasi Terbaik di Indonesia dengan menyelenggarakan kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang bersinergi dengan permasalahan industri dan kebutuhan start-up dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berbasis Sistem Informasi dengan berpedoman pada nilai-nilai Pancasila”
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan lulusan yang berkualitas yang berdasarkan empat aspek utama yaitu IS Developer, IS Manager/Specialist, IS Consultant, dan Digital Entrepreneurship dengan berpedoman pada nilai-nlai Pancasila.
- Melaksanakan penelitian yang memberikan solusi terhadap permasalahan industry secara teoritis dan praktis berorientasi pada novelty dan critical thinking.
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tujuan memberikan kontribusi secara menyeluruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kesadaran pentingnya pemanfaatan system informasi dalam kehidupan sehari-hari.
- Berpartisipasi aktif terhadap program-program yang dicangankan oleh pemerintah demi peningkatan kualitas pendidikan dengan memperhatikan kebutuhan lapangan pekerjaan dan pemanfaatan sumber daya manusia.
Tujuan
Pendidikan S2 adalah program pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana. Dalam perjenjangan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, pendidikan profesi berada pada level 8 (Ahli). Adapun program pendidikan S2 yang dapat dipilih dapat berasal dari program pendidikan sarjana yang linier yang sebidang atau beberapa program pendidikan S2 tertentu menerima lulusan sarjana dari berbagai jurusan.
Tujuan Pendidikan Program S2 adalah untuk meningkatkan taraf penguasaan ilmu dan kemampuan yang telah diperoleh peserta selama pendidikan tingkat Sarjana, agar lebih aktif dan berperan, baik dalam penguasaan ilmunya maupun dalam penerapannya. Untuk mencapai tujuan ini, walaupun mahasiswa terbuka untuk memilih salah satu bidang khusus tertentu, penguasaan wawasan program secara menyeluruh tetap dijaga agar para lulusannya tetap dapat bergerak secara lincah di dalam lingkup pekerjaannya.
Dalam Undang-Undang nomor 109 tahun 2013 yang berkaitan dengan pendidikan tinggi, disebutkan bahwa Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program S2, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan bangsa Indonesia. Menurut undang-undang ini Program S2 merupakan pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan program sarjana atau sederajat sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan Ilmu Pengetahuan dan/atau Teknologi melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Program S2 mengembangkan Mahasiswa menjadi intelektual, ilmuwan yang berbudaya, mampu memasuki dan/atau menciptakan lapangan kerja serta mengembangkan diri menjadi profesional.
Selaras dengan kemajuan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyertai peradaban manusia di era globalisasi saat ini dan di masa mendatang, mendorong pemerintah dan sektor swasta membangun sumber daya manusia yang handal di bidang Information, Communication Technology and Management. Salah satu bidang ilmu berbasis ICT yang sangat berkembang dan membutuhkan SDM yang sangat besar adalah Sistem Informasi yang menekankan pada kemampuan merancang solusi berbasis Teknologi Informasi yang dibutuhkan oleh organisasi yang memberi nilai strategis (value) terhadap penciptaan, pengolahan, penyimpanan, pendistribusian informasi sebagai salah satu sumber daya penting bagi organisasi dalam mencapai tujuannya.
Kurikulum Prodi S2 Sistem Informasi memiliki kontribusi penting dalam memajukan sumber daya negara. Program studi S2 Sistem informasi dirancang untuk dapat meningkatan pola pikir dan analisa teknik yang lebih terasah. Dalam jangka panjangnya, Kualitas kehidupan di berbagai sektor dapat ditingkatkan melalui perkembangan teknologi dan ekonomi yang bermanfaat untuk masyarakat. Hasil penelitian yang berkualitas dapat meningkatkan daya saing bangsa. Program studi S2 Sistem Informasi Universitas Telkom merupakan perpaduan disiplin manajemen dan keteknikan, yang pembelajarannya diarahkan untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia berbasis Teknologi Informasi yang memiliki kemampuan analitis dan manajerial dalam memecahan berbagai masalah dalam bidang yang terkait dengan aspek perancangan, penerapan, serta perbaikan atas sistem kerja/operasi, yang terdiri atas manusia, teknologi, data, proses dan metode kerja, serta informasi, baik di sektor manufaktur maupun sektor jasa.
Profile Lulusan
Magister Sistem Informasi Universitas Telkom mendidik mahasiswa menjadi Profesional Teknologi Informasi yang mampu mengembangkan metode Sains Sistem Informasi untuk menyelesaikan berbagai permasalahan praktis maupun penelitian dalam 5 peran Profil Lulusan, yakni:
Local Enabler
Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis, merancang, membuat, menguji, mengimplementasikan dan mengevaluasi data dan informasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis dalam lingkungan global yang kompetitif.
Creative Inclusive Mover
Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan dalam menganalisis data dan informasi, merancang, membangun, memelihara, dan mengintegrasikan data dan informasi baik berasal dari basis data maupun file serta memberikan rekomendasi untuk perbaikan sistem.
Agile Leader
Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk menganalisis proses bisnis dan data, mengintegrasikan seluruh komponen sistem untuk menerapkan solusi berbasis sistem informasi, mengukur kinerja pemanfaatan IT, melakukan identifikasi kemungkinan resiko dalam pemanfaatan IT, merancang rekomendasi untuk menyesuaikan penggunaan IT yang sesuai dengan kebutuhan bisnis organisasi.
Technopreneur
Lulusan Sistem Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk berwiraswasta yang mampu merancang dan mengembangkan bisnis berbasis inovasi dengan pemanfaatan IT sebagai solusi dalam penyelesaian masalah di masyarakat.
Design Thinker
Lulusan Magister Data dan Informasi Tel-U memiliki kemampuan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu pendidikan doktoral.
Kurikulum Reguler
Periode Penerimaan Ganjil
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | TATA KELOLA DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | ANALISA BISNIS DAN DATA PERUSAHAAN | 2 | 1 |
3 | INTEGRASI DAN ARSITEKTUR APLIKASI PERUSAHAAN | 2 | 1 |
4 | MATA KULIAH PILIHAN 1 (KONSENTRASI A) | 2 | 1 |
5 | MATA KULIAH PILIHAN 4 (BEBAS A) | 2 | 1 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | METODOLOGI PENELITIAN UNTUK MAGISTER SISTEM INFORMASI | 2 | 0 |
2 | JAMINAN INFORMASI DAN KEAMANAN | 2 | 1 |
3 | STRATEGI DAN KEBIJAKAN PROFESSIONAL TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
4 | SEMINAR, SERTIFIKASI, DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI | 1 | 1 |
5 | MATA KULIAH PILIHAN 2 (KONSENTRASI B) | 3 | 0 |
6 | HUKUM DAN ETIKA SIBER | 1 | 1 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | MATA KULIAH PILIHAN 3 (KONSENTRASI C) | 2 | 0 |
2 | MATA KULIAH PILIHAN 5 (BEBAS C) | 2 | 0 |
3 | THESIS MAGISTER | 6 | 0 |
Periode Penerimaan Genap
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | JAMINAN INFORMASI DAN KEAMANAN | 2 | 1 |
2 | STRATEGI DAN KEBIJAKAN PROFESSIONAL TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
3 | HUKUM DAN ETIKA SIBER | 1 | 1 |
4 | SEMINAR, SERTIFIKASI, DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI | 1 | 1 |
5 | MATA KULIAH PILIHAN 2 (KONSENTRASI B) | 3 | 0 |
6 | MATA KULIAH PILIHAN 5 (BEBAS C) | 2 | 0 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | TATA KELOLA DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | METODOLOGI PENELITIAN UNTUK MAGISTER SISTEM INFORMASI | 2 | 0 |
3 | ANALISA BISNIS DAN DATA PERUSAHAAN | 2 | 1 |
4 | INTEGRASI DAN ARSITEKTUR APLIKASI PERUSAHAAN | 2 | 1 |
5 | MATA KULIAH PILIHAN 1 | 2 | 1 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | MATA KULIAH PILIHAN 3 (KONSENTRASI C) | 2 | 0 |
2 | MATA KULIAH PILIHAN 4 (BEBAS B) | 3 | 0 |
3 | THESIS MAGISTER | 6 | 0 |
Mata Kuliah Peminatan (Konsentrasi dan Bebas)
NO. | MATA KULIAH |
---|---|
1 | KETANGGUHAN DAN PERLAWANAN SIBER (A) – WAJIB PEMINATAN |
2 | JARINGAN DENGAN DEFINISI PERANGKAT LUNAK (B) |
3 | INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI INFORMASI GENERASI (C) |
NO. | MATA KULIAH |
---|---|
1 | TRANSFORMASI DAN STARTEGI DIGITAL (A) – WAJIB PEMINATAN |
2 | MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN SUMBER DAYA (B) |
3 | PERENCANAAN DAN MANAJEMEN PROYEK DIGITAL (C) |
NO. | MATA KULIAH |
---|---|
1 | MANAJEMEN INVESTASI DAN TEKNIK NILAI (A) – WAJIB PEMINATAN |
2 | ANALISA KEPUTUSAN UNTUK TEKNOLOGI FINANSIAL (B) |
3 | INOVASI DAN KEWIRAUSAHAAN TEKNOLOGI (C) |
NO. | MATA KULIAH |
---|---|
1 | APLIKASI INTERNET UNTUK SEMUA DAN MASYARAKAT (A) – WAJIB PEMINATAN |
2 | PERANCANGAN APLIKASI CERDAS (B) |
3 | MANAJEMEN PROSES BISNIS BERORIENTASI LAYANAN (C) |
NO. | MATA KULIAH |
---|---|
1 | SISTEM PERSEDIAAN (B) – MAGISTER TEKNIK INDUSTRI (GANJIL) |
2 | REKAYASA FINANSIAL (B) – MAGISTER TEKNIK INDUSTRI (GENAP) |
Kurikulum Eksekutif
Periode Penerimaan Ganjil
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | TATA KELOLA DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | HUKUM DAN ETIKA SIBER | 1 | 1 |
3 | SEMINAR, SERTIFIKASI, DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI | 1 | 1 |
4 | ANALISA BISNIS DAN DATA PERUSAHAAN | 2 | 1 |
5 | INTEGRASI DAN ARSITEKTUR APLIKASI PERUSAHAAN | 2 | 1 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | STRATEGI DAN KEBIJAKAN PROFESSIONAL TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | JAMINAN INFORMASI DAN KEAMANAN | 2 | 1 |
3 | MATA KULIAH PILIHAN 2 (KONSENTRASI B) | 3 | 0 |
4 | MATA KULIAH PILIHAN 4 (BEBAS B) | 3 | 0 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | METODOLOGI PENELITIAN UNTUK MAGISTER SISTEM INFORMASI | 2 | 0 |
2 | MATA KULIAH PILIHAN 1 (KONSENTRASI A) | 2 | 1 |
3 | MATA KULIAH PILIHAN 3 (KONSENTRASI C) | 2 | 0 |
4 | MATA KULIAH PILIHAN 5 (BEBAS C) | 2 | 0 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | THESIS MAGISTER | 6 | 0 |
Periode Penerimaan Genap
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | STRATEGI DAN KEBIJAKAN PROFESSIONAL TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | MATA KULIAH PILIHAN 1 (KONSENTRASI A) | 2 | 1 |
3 | MATA KULIAH PILIHAN 2 (KONSENTRASI B) | 3 | 0 |
4 | MATA KULIAH PILIHAN 4 (BEBAS B) | 3 | 0 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | TATA KELOLA DATA DAN TEKNOLOGI INFORMASI | 2 | 1 |
2 | SEMINAR, SERTIFIKASI, DAN PELATIHAN SISTEM INFORMASI | 1 | 1 |
3 | HUKUM DAN ETIKA SIBER | 1 | 1 |
4 | ANALISA BISNIS DAN DATA PERUSAHAAN | 2 | 1 |
5 | INTEGRASI DAN ARSITEKTUR APLIKASI PERUSAHAAN | 2 | 1 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | METODOLOGI PENELITIAN UNTUK MAGISTER SISTEM INFORMASI | 2 | 0 |
2 | JAMINAN INFORMASI DAN KEAMANAN | 2 | 1 |
3 | MATA KULIAH PILIHAN 3 (KONSENTRASI C) | 2 | 0 |
4 | MATA KULIAH PILIHAN 5 (BEBAS C) | 2 | 0 |
NO. | MATA KULIAH | BOBOT SKS | |
---|---|---|---|
TEORI | PRAKTIK | ||
1 | THESIS MAGISTER | 6 | 0 |
Capaian pembelajaran, CP disebut juga dengan Program Learning Outcome (PLO) yang diterapkan di Prodi Magister Teknik Industri berjumlah 16 PLO, dimana 15 PLO diantaranya adalah PLO yang juga diterapkan di Prodi S1 Teknik Industri, sedangkan 1 PLO lainnya adalah PLO kekhasan prodi magister. Capaian Pembelajaran tersebut digolongkan ke dalam Sikap, Pengetahuan, keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus sesuai KKNI dan SN DIKTI.
SIKAP:
Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
PENGETAHUAN:
Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.
KETERAMPILAN UMUM:
Keterampilan umum sebagai kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi;
KETERAMPILAN KHUSUS:
Keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi.
Website
Link website yang bisa diakses sebagai berikut :
S2 Sistem Informasi