Fakultas Rekayasa Industri memiliki Kelompok Keahlian Keilmuan yang berfungsi untuk mewadahi pengembangan ilmu pengetahuan, riset, penulisan ilmiah dan diskusi pengetahuan. Fakultas Rekayasa Industri memiliki 4 Kelompok Keahlian. 2 (Dua) Kelompok Keahlian dimiliki Program Studi Teknik Industri dan 2 (Dua) Kelompok keahlian dimiliki Program Studi Sistem Informasi.

Kelompok Keahlian Teknik Industri

Program Studi Teknik Industri memiliki Dua kelompok keahlian yakni E-Promize (Electronic Based Process and Work System Optimization) dan Engineering Management. Dengan penjelasan sebagai berikut.

KK 1 - E Promize

E-Promize adalah singkatan dari Electronic Based Process and Work System Optimization. Fokus dari KK 1 ini adalah implementasi ilmu teknik industri di bagian lantai produksi dan rekayasa industri. Kelompok keahlian ini terdiri atas beberapa keprofesian dan pusat kajian yaitu :

  1. Production System and Automation (Otomasi)
  2. Product Design and Ergonomic (PDE)
  3. Quality System Engineering (QSE)
  4. Maintenance (Manajemen Perawatan)
  5. E-Supply Chain System (ESC)

KK 2 - Engineering Management

Berbeda dengan KK1, fokus dari KK 2 ini adalah implementasi ilmu teknik industri di bagian manajement industri. Kelompok keahlian ini terdiri atas beberapa keprofesian dan pusat kajian yaitu :

  1. Marketing
  2. Business Analysis (BA)
  3. Entrepreneurship (Kewirausahaan)
  4. Human Capital (HC)
  5. Project Management (Manpro)

Kelompok Keahlian Sistem Informasi

Program Studi Sistem Informasi memiliki Dua kelompok keahlian yakni Enterprise System Development (ESD) dan Enterprise Solution and Assurance (ESA)Dengan penjelasan sebagai berikut.

KK 3 - ESD

ESD adalah singkatan dari Enterprise System Development. Fokus dari KK 3 ini adalah System Enterprise / Goverment ke arah ICT. Kelompok keahlian ini terdiri atas beberapa keprofesian dan pusat kajian yaitu :

  1. Enterprise Data Management
  2. Enterprise Application Development / Information System Developer
  3. Technopreneurship

Website Kelompok Keahlian ESD https://esd.rg.telkomuniversity.ac.id/

KK 4 - ESA

ESA adalah singkatan dari Enterprise Solution and Assurance. Fokus dari KK4 ini adalah management of enterprise information system. Kelompok keahlian ini terdiri atas beberapa keprofesian dan pusat kajian yaitu :

  1. Enterprise Architecture Design (EAD)
  2. Enterprise Infrastructure Management
  3. Enterprise Package Solution
  4. IT Governance, Risk, and Compliance

Website Kelompok Keahlian ESA https://esa.rg.telkomuniversity.ac.id/