https://www.googletagmanager.com/gtag/js?id=UA-46662798-89

Implementasi Customer Relationship Management (Pelatihan ERP, Enterprise System dan Pemanfaatan Aplikasi Opensource untuk Anggota KADIN Kota Bandung)

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia beberapa waktu belakangan ini telah menyebabkan TIK menjadi enabler baik bagi industri bisnis maupun bagi organisasi pemerintahan. Kemampuan yang dapat diberikan TIK dalam memberikan dan mendistribusikan informasi secara cepat, tepat dan akurat membuat para pengambil keputusan bergantung kepada teknologi, terutama dalam mendapatkan informasi terkait pengambilan keputusan.

Enterprise Resource Planning atau ERP merupakan pendekatan baru dalam mengelola perusahaan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, sehingga dapat memaksimumkan kinerja perusahaan yang lebih efisien dan efektif yang akan berdampak kepada loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dan memberikan nilai tambah secara terus – menerus pada pelanggan sehingga akan terus memberikan keuntungan yang berkelanjutan. Salah satu bagian dari ERP adalah Customer Relationship Management atau CRM. CRM ini biasanya digunakan oleh bagian marketing untuk mengetahui karakteristik pelanggan, sehingga pelanggan menjadi loyal, dan pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan.

Pesatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia beberapa waktu belakangan ini telah menyebabkan TIK menjadi enabler baik bagi industri bisnis maupun bagi organisasi pemerintahan. Kemampuan yang dapat diberikan TIK dalam memberikan dan mendistribusikan informasi secara cepat, tepat dan akurat membuat para pengambil keputusan bergantung kepada teknologi, terutama dalam mendapatkan informasi terkait pengambilan keputusan.

Enterprise Resource Planning atau ERP merupakan pendekatan baru dalam mengelola perusahaan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi, sehingga dapat memaksimumkan kinerja perusahaan yang lebih efisien dan efektif yang akan berdampak kepada loyalitas pelanggan terhadap perusahaan dan memberikan nilai tambah secara terus – menerus pada pelanggan sehingga akan terus memberikan keuntungan yang berkelanjutan. Salah satu bagian dari ERP adalah Customer Relationship Management atau CRM. CRM ini biasanya digunakan oleh bagian marketing untuk mengetahui karakteristik pelanggan, sehingga pelanggan menjadi loyal, dan pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan.

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia merupakan organisasi yang menjadi payung bagi dunia usaha Indonesia. Salah satu tugas KADIN adalah membina anggotanya untuk bisa berkembang di bidang usahanya sehingga bisa mewujudkan keinginan menuju ekonomi Indonesia yang tangguh dan berkeadilan. Salah satu untuk langkahnya adalah dengan peningkatan kualitas SDM pengusaha Indonesia di bidang Teknologi Informasi.

Seluruh Civitas Akademika di Perguruan Tinggi memiliki kewajiban untuk mengimplementasikan pengetahuannya dilingkungan masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut maka Program Studi Sarjana Sistem Informasi Telkom University, berkejasama dengan KADIN Kota Bandung berencana meningkatkan SDM pengusaha Kota Bandung di bidang Teknologi Informasi.  Berkaitan dengan rencana tersebut perlu diadakan PELATIHAN PROSES BISNIS BERBASIS ERP UNTUK OPTIMALISASI BISNIS PERUSAHAAN LEBIH EFISIEN DAN EFEKTIF dengan sesi IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM), dengan diadakan pelatihan ini maka  diharapkan UMKM Mitra Binaan Kadin kota Bandung bisa menerapkan CRM dalam kegiatan usaha mereka sehingga perusahaan bisa dikelola dengan lebih baik dan akan berdampak kepada meningkatnya loyalitas pelanggan karena pelanggan akan memperoleh kepastian barang yang dibeli dan perusahaan bisa lebih menghemat ongkos produksi, sehingga bisa memberikan nilai keuntungan secara terus-menerus.

Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diantaranya adalah:

  • Memberikan sharing pengetahuan kepada para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung tentang apa dan bagaimana CRM
  • Memberikan pelatihan tentang bagaimana mengoperasikan Aplikasi CRM berbasis OpenSource  kepada  UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung.

Manfaat yang akan dihasilkan dari kegiatan ini diantaranya adalah:

  • Menciptakan pemahaman yang sama tentang CRM  diantara tim pengembang CRM dari Program Studi SI dengan para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung. Indikator keberhasilan pencapaian manfaat ini ditandai dengan para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung mengetahui kontribusi apa yang diperlukan dari masing – masing individu untuk mendukung  berjalannya proyek pengembangan CRM di Kota Bandung.
  • Meningkatkan skill para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung dalam mengelola hubungan dengan pelanggan dengan menggunakan tools aplikasi OpenSource . Indikator Keberhasilan dari manfaat ini adalah para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung sudah mampu mengoprasikan Aplikasi CRM berbasis OpenSource.
  • Menciptakan hubungan yang lebih erat antara Tim dari program studi SI dan para UMKM Mitra Binaan BPPKU Kadin Kota Bandung sehingga proses kerjasama untuk menyelesaikan proyek pengembangan CRM dapat lebih mudah dilaksanakan.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat telah dilaksanakan pada tanggal 23 November 2023, di Graha Kadin kota Bandung jalan Talaga Bodas No. 31 Bandung dengan jumlah peserta yang hadir sebanyak 26 orang. Acara dibuka oleh ketua Kadin Kota Bandung Pak Iwa Gartiwa. Seharusnya ada pemaparan materi dari KADIN tetapi berhubung ada keperluan yang mendesak, Pak Bambang Tris Bintoro sebagai Wakil Ketua Bidang Koperasi dan UMKM, tidak jadi mengisi tetapi beliau mengharapkan kerjasama dengan Telkom University tidak berhenti di sekedar pelatihan saja tetapi juga dilakukan pendampingan dan implementasi CRM di lingkungan UKM sehingga bisa mengangkat UKM di kota Bandung dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Setelah pembukaan maka dilakukan pemaparan materi dari tim Telkom university dan baru dilanjutkan dengan demo aplikasi. Karena keterbatasan waktu maka materi dari Kadin dipersingkat dan dimasukkan dalam pembukaan yaitu berupa motivasi berbisnis dan strategi pemasaran bagi UKM, Bantuan Kadin Kota Bandung dan kerjasama dengan Kadin Jerman dalam membina UKM, dan kegiatan rutin Kadin kota Bandung yang bisa diikuti dan salah satunya kegiatan kerjasama dengan pihak Universitas dan salah satunya dengan pihak Universitas Telkom.

Dari team Universitas Telkom menyampaikan paparan CRM berisi penjelasan apakah CRM, kenapa harus CRM, apakah keuntungan dan kerugian CRM, mahalkah penggunaan CRM?, apa saja yang harus di siapkan sebelum dan setelah melakukan implementasi CRM, dan tentang cloud, serta bagaimana Telkom University bisa membantu UKM implementasi CRM, dan demo CRM berbasis odoo yaitu aplikasi yang bisa digunakan untuk mendorong dalam menganalisis penjualan untuk UKM. Acara dilanjutkan dengan tanya jawab dan pengisian kuesioner, kemudian dilanjutkan dengan penutupan acara dan tak lupa diberikan plakat kerjasama antara Telkom University dan Kadin Kota Bandung. Dilanjutkan dengan foto bersama dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.