Increase (Industrial Creative Season) 2020 Angkat Tema Smart Manufacturing Untuk Capai Sustainable Development Goals

Bandung, Telkom University – INCREASE adalah singkatan dari Industrial Creative Season, sebuah event tahunan yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) sejak tahun 2017. Acara ini merupakan perlombaan simulasi industri yang menekankan pada smart industry dan digitalisasi sehingga efektifitas dan efisiensi dapat tercapai pada sistem produksi.

INCREASE 2020 yang sudah bertaraf internasional ini mengangkat tema Implementing Smart Manufacturing In A Digital Era to Achieve Sustainable Development Goals. Smart manufacturing sendiri merupakan sistem manufaktur kolaboratif yang sudah sepenuhnya terintegrasi dan merespon secara real-time untuk memenuhi tuntutan dan kondisi yang berubah di pabrik, dalam jaringan pasokan dan dalam kebutuhan pelanggan. Tujuan dari sistem ini adalah untuk mengidentifikasi peluang untuk mengotomatisasi operasi dan menggunakan analisis data untuk meningkatkan kinerja manufaktur.  Acara ini berlangsung selama tiga hari yaitu pada Jumat 21 Februari hingga Minggu 23 Februari.

Pada hari pertama kegiatan yang dilakukan adalah technical meeting dan presentasi. Peserta diberikan studi kasus dan diharuskan untuk memberikan inovasi dan solusi dari permasalahan yang diberikan dalam bentuk mini proposal. Dihari kedua dilaksanakan industrial simulation game yaitu sebuah permainan simulasi lantai produksi yang berfokus pada minimalisasi produk defect dan memaksimalkan pendapatan. Pada hari ketiga dilaksanakan awarding dan seminar digitalization effect for millennial entrepreneur dengan pembicara Presiden Direktur PT. Telkomsel, Setyanto Hantoro dan Eksekutif Direktor Co-Branding di Kementrian Pariwisata Republik Indonesia, Proyantono Rudito.

Pada kompetisi ini Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yaitu Tim Adighana’16 berhasil meraih Juara 1, Universitas Gadjah Mada (UGM) yaitu Tim Milkita berhasil meraih Juara 2, dan Telkom University yaitu Tim Naïve Bayes berhasil meraih Juara 3.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × four =