PEMBUATAN DAN PELATIHAN APLIKASI MONITORING DAN DOKUMENTASI KEGIATAN BERBASIS GOOGLE SPREADSHEET

Sebuah aplikasi spreadsheet yang populer, menjadi salah satu alat penting dalam Editor Google Document berbasis web. Dikenal luas untuk kemampuannya dalam membuat tabel, mengelola data, dan melakukan perhitungan secara sederhana, Spreadsheet menyajikan format kolom dan tabel yang mempermudah pengguna dalam mengorganisir data dan menyusun laporan. Meskipun demikian, masih ada banyak organisasi yang belum sepenuhnya memanfaatkan potensi Spreadsheet untuk keperluan sistem informasi atau aplikasi dalam lingkungan kerja mereka.

Google Sheets adalah aplikasi spreadsheet yang merupakan bagian dari Editor Google Document berbasis web yang biasanya digunakan untuk membuat tabel, pengolahan data, dan perhitungan sederhana. Aplikasi ini berbentuk spreadsheet yang berisi kolom dan tabel sehingga dapat mempermudah kinerja   dalam menyusun data atau laporan. Namun sayangnya masih banyak organisasi yang belum dapat memaksimalkan pemanfaatan google spreadsheet untuk kebutuhan sistem informasi atau aplikasi dalam pekerjaan yang dilakukan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Tim Pengabdian Masyarakat Program Studi Teknik Industri Universitas Telkom yang diketuai oleh Bapak Muhammad Nashir Ardiansyah, Ph.D dengan anggota Ibu Ika Arum Puspita, M.T. dan Ibu Ayudita Oktafiani, M.Sc. melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Kegiatan ini akan ditujukan kepada sebuah organisasi atau UMKM dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam proses bisnis mereka melalui penggunaan spreadsheet.

Sebuah kegiatan pengabdian masyarakat yang direncanakan ini akan dilakukan untuk menyediakan solusi bagi tantangan yang dihadapi oleh Mitra Lumina Business Training and Consulting. Lumina, sebuah organisasi konsultan bisnis yang aktif memperbaiki Sumber Daya Manusia (SDM) demi meningkatkan produktivitas UMKM yang kreatif, inovatif, dan mandiri di Provinsi Jawa Barat, menjadi sasaran dari pelatihan ini. Acara tersebut diadakan pada Kamis, 4 Juli 2024, di kantor Lumina Business Training and Consulting, yang terletak di Jl. GBA 2 Blk. B1 No.14, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Total peserta yang hadir mencapai 10 orang.

Gambar 1. Penyerahan Modul Pelatihan oleh Ketua Tim Abdimas kepada CEO Lumina Indonesia

Pelatihan dimulai dengan distribusi Modul yang telah disiapkan oleh Bapak Muhammad Nashir Ardiansyah, Ph.D. sebagaiamana terlihat pada Gambar 1. Acara dilanjutkan dengan presentasi materi dan demonstrasi mengenai penggunaan sistem informasi sederhana menggunakan Google Spreadsheet yang disampaikan oleh Ibu Yosifa Gianinda ST. Materi yang dibahas mencakup pembuatan aplikasi Monitoring dan Dokumentasi Kegiatan yang berbasis Google Spreadsheet. Pembuatan aplikasi ini merupakan pembaharuan dari aplikasi sebelumnya yang masih membutuhkan penyesuaian. Selain itu, pelatihan untuk instalasi, penggunaan, dan modifikasi akan dilakukan guna menjamin implementasi kepada UMKM. Setelah presentasi materi, sesi tanya jawab diadakan untuk peserta pelatihan, diikuti oleh sesi foto bersama.

Gambar 2. Sesi foto bersama di akhir kegiatan Abdimas

Author: Ayudita Oktafiani, S.T., M.Sc

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.