Visi

Menjadi program studi Magister Teknik Industri berkelas internasional yang berperan aktif dalam pengembangan keilmuan Teknik Industri berbasis teknologi informasi.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Industri berkelas internasional yang berbasis teknologi informasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang Teknik Industri berbasis teknologi informasi untuk mengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh sektor industri nasional dan internasional.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan industri melalui pemanfaatan keilmuan teknik industri berbasis teknologi informasi.

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang professional dan memiliki kompetensi dalam merancang, mengelola dan mengembangkan industri secara efektif dan efesien berbasis teknologi informasi.
  2. Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan inovatif dalam bidang teknik industri yang terintegrasi dengan teknologi informasi.
  3. Menghasilkan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat yang terintegrasi dengan teknologi informasi dan terjalinnya kemitraan secara professional, berkelanjutan dalam bidang keilmuan teknik industri.

Tabel di bawah ini menunjukkan Profil Lulusan S2 Teknik Industri Universitas Telkom yang merupakan peran yang dapat dilakukan setelah menjalani semua proses pembelajaran di program studi S2 Teknik Industri.

No. Profil Lulusan Keterangan
1 Ahli Rekayasa Sistem Industri Ahli dalam memanfaatkan pendekatan Teknik Industri pada persoalan-persoalan yang bersifat makro dan strategis untuk meningkatkan daya saing sistem integral (tenaga kerja, bahan baku, energi, informasi, teknologi, dan infrastruktur) yang berinteraksi dengan komunitas bisnis, masyarakat, dan pemerintah.
2 Ahli Rekayasa Sistem Manufaktur Ahli dalam memanfaatkan pendekatan Teknik Industri untuk peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem integral (manusia, mesin, material, energi, dan informasi) melalui proses perancangan, perencanaan, pengoperasian, pengendalian, pemeliharaan, dan perbaikan dengan menjaga keselarasan aspek manusia dan lingkungan kerjanya.

Semester 1

Kode Nama Mata Kuliah SKS
Jumlah SKS 14
IEH5A3 Sistem Rantai Pasok 3
IEH5B3 Analisis Statistik 3
IEH5C3 Metode Optimasi 3
MTH502 ICT Business Management 2
Pilihan 1 3

Semester 2

Kode Nama Mata Kuliah SKS
Jumlah SKS 13
IEH5E3 Pemodelan Sistem 3
IEH5F2 Metodologi Penelitian 2
IEH5G2 Enterprise Resource Planning (ERP) 2
Pilihan 2 3
Pilihan 3 3

Semester 3

Kode Nama Mata Kuliah SKS
Jumlah SKS 6
IEH6A3 Seminar 3
Pilihan 4 3

Semester 4

Kode Nama Mata Kuliah SKS
Jumlah SKS 6
IEH6A6 Tesis 6

Mata Kuliah Peminatan

Bid. Manajemen Logistik & Rantai Pasok

Pilihan Kode Nama Mata Kuliah SKS
1 IEH6C3 Sistem Transportasi 3
2 IEH6D3 Sistem Persediaan 3
3 IEH6E3 Sistem Pengadaan & Outsourcing 3
4 IEH6F3 Lean SCM 3
5 IEH5H3 Sistem Logistik Global 3

Bid. Sistem Informasi Enterprise

Pilihan Kode Nama Mata Kuliah SKS
1 IEH6G3 Pemodelan Enterprise 3
2 IEH6H3 Sistem Manajemen Pengetahuan 3
3 IEH6I3 Perencaaan Strategi Sistem Informasi 3
4 IEH6J3 Perancangan e-Bisnis 3
5 IEH5N3 Bisnis Intelijen 3
6 IEH5O3 Pengambilan Keputusan 3

Bid. Manajemen Industri

Pilihan Kode Nama Mata Kuliah SKS
1 IEH6K3 Manajemen Proyek dan Perubahan 3
2 IEH6L3 Manajemen Teknologi dan Inovasi 3
3 IEH6M3 Rekayasa Finansial 3
4 IEH6N3 Manajemen Resiko dan Portofolio 3
5 IEH5K3 Manajemen Sistem Kualitas 3
6 IEH5L3 Perancangan Model Bisnis 3

Capaian pembelajaran, CP disebut juga dengan Program Learning Outcome (PLO) yang diterapkan di Prodi Magister Teknik Industri berjumlah 16 PLO, dimana 15 PLO diantaranya adalah PLO yang juga diterapkan di Prodi S1 Teknik Industri, sedangkan 1 PLO lainnya adalah PLO kekhasan prodi magister. Capaian Pembelajaran tersebut digolongkan ke dalam Sikap, Pengetahuan, keterampilan Umum, dan Keterampilan Khusus sesuai KKNI dan SN DIKTI.

SIKAP:

Sikap merupakan perilaku benar dan berbudaya sebagai hasil dari internalisasi dan aktualisasi nilai dan norma yang tercermin dalam kehidupan spiritual dan sosial melalui proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.

PENGETAHUAN:

Pengetahuan merupakan penguasaan konsep, teori, metode, dan/atau falsafah bidang ilmu tertentu secara sistematis yang diperoleh melalui penalaran dalam proses pembelajaran, pengalaman kerja mahasiswa, penelitian dan/atau pengabdian kepada masyarakat yang terkait pembelajaran.

KETERAMPILAN UMUM:

Keterampilan umum sebagai kemampuan kerja umum yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan dalam rangka menjamin kesetaraan kemampuan lulusan sesuai tingkat program dan jenis pendidikan tinggi;

KETERAMPILAN KHUSUS:

Keterampilan khusus sebagai kemampuan kerja khusus yang wajib dimiliki oleh setiap lulusan sesuai dengan bidang keilmuan program studi.

Tabel Capaian Pembelajaran Prodi Magister Teknik Industri

PROGRAM STUDI : S2 Teknik Industri
SIKAP
  1. Menguasai prinsip dan issue terkini dalam ekonomi, sosial, ekologi secara umum (PLO4)
  2. Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi (meliputi manusia, material, peralatan, energi, dan informasi) (PLO5)
PENGETAHUAN
  1. Menguasai konsep teoretis sains alam, aplikasi matematika rekayasa; prinsip-prinsip rekayasa (engineering fundamentals), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem terintegrasi (PLO1)
  2. Mampu meneliti dan menyelidiki masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi menggunakan dasar prinsip-prinsip rekayasa dan dengan melaksanakan riset, analisis, interpretasi data dan sintesa informasi untuk memberikan solusi (PLO9)
  3. Mampu melakukan komunikasi secara tertulis maupun lisan yang efektif (PLO11)
  4. Mampu mengenali kebutuhan, dan mengelola pembelajaran diri seumur hidup (PLO13)
KETERAMPILAN UMUM
  1. Menguasai pengetahuan tentang teknik komunikasi dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini (PLO3)
  2. Mampu mengidentifikasi, memformulasikan dan menganalisis masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi berdasarkan pendekatan analitik, komputasional atau eksperimental (PLO6)
  3. Mampu merancang sistem terintegrasi sesuai standar teknis, keselamatan dan kesehatan lingkungan yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek kinerja dan keandalan, kemudahan penerapan dan keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kultural (PLO8)
  4. Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa (PLO10)
KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Menguasai prinsip dan teknik perancangan sistem terintegrasi dengan pendekatan sistema (PLO2)
  2. Mampu merumuskan solusi untuk masalah rekayasa kompleks pada sistem terintegrasi dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration)(PLO7)
  3. Memahami tanggung jawab profesi dan aspek etikal keprofesian (PLO12)
  4. Mampu melakukan kerjasama dalam sebuah kelompok kerja(PLO14)
  5. Mampu memanfaatkan pengetahuan dan keterampilan menggunakan teknologi, manajemen serta informasi pasar dan uang untuk mengembangkan sebuah inovasi usaha(PLO15)
  6. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin; (PLO16)

Sumber: Buku Kurikulum 2020 Prodi Magister Teknik Industri