Dosen FRI Mengadakan Pelatihan dan Implementasi Website E-Commerce Di Kampung Sepatu Desa Cangkuang Kulon, Kabupaten Bandung

Desa digital merupakan program pemberdayaan masyarakat melalui pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan potensi desa, pemasaran dan percepatan akses serta pelayanan informasi. Program Desa Digital, dimana lewat program itu masyarakat desa bisa memanfaatkan aplikasi digital untuk meningkatkan pendatapan serta meneguhkan potensi desanya. Dengan hadirnya program Desa Digital masyakat desa bisa menjadi lebih produktif. “Tak hanya urusan wifi-wifi tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui sebuah digital ekosistem.

Desa Digital merupakan sebuah konsep yang digunakan untuk menggambarkan peradaban Desa yang berinovasi, mandiri, bertamarbat, dan membawa pengaruh kepada pembangunan bangsa. Dalam menyiapkan Desa Digital diperlukan peningkatan kapasitas dan kesiapan aparatur pemerintah desa melalui berbagai kegiatan pembinaan agar nantinya mereka bisa menguasai penggunaan aplikasi dan melek teknologi informasi.

Berdasarkan data yang didapat saat kunjungan langsung ke lapangan, berikut adalah data dan profil dari desa mitra yang dijadikan sebagai penerapan awal tentang pengembangan suatu desa menuju “Desa Digital”:

Selaras dengan program Pemprov Jawa Barat membangun 500 Desa Digital guna menunjang kemajuan desa dengan meningkatkan aktivitas perekonomian masyarakat di desa, 3 Dosen Fakultas Fakultas Rekayasa Industri Universitas Telkom yang terdiri dari Edi Sutoyo, Judi Alhilman, Aji Pamoso mengadakan program pengabdian kepada masyarakat di Desa Cangkuang Kulon, Kec. Dayeuhkolot Kabupaten bandung dengan tema “Implementasi Dan Pelatihan Website E-commerce Di Kampung Sepatu Desa Cangkuang Kulon, Kec. Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Menuju Desa Digital”.

Implementasi dan pelatihan website e-commerce merupakan penerapan awal tentang pengembangan suatu desa menuju “Desa Digital” yang mampu mengatasi permasalahan dengan cara atau inovasi baru menggunakan segala potensi sumber daya yang ada dan didukung oleh teknologi informasi yang tepat sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa tersebut. Adapun tujuan pengabdian masyarakat ini antara lain :

  1. Menerapkan website e-commerce guna membantu masyarakat desa untuk memudahkan penjualan potensi desa, khususnya kerajinan sepatu.
  2. Mewujudkan desa yang mandiri dengan memanfaatkan teknologi informasi dan sumber daya yang ada di lingkungan pedesaan
  3. Munculnya kreativitas baru yang dapat diaplikasikan di suatu desa untuk meningkatkan daya saing pedesaan
  4. Merumuskan bentuk desa digital yang ideal dengan memadukan potensi, sumber daya dan teknologi yang tepat guna.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Desa Cangkuang Kulon dan perwakilan dari perkumpulan pengrajin sepatu baraya (PPSB) sangat mengapresiasi atas terlaksananya pelatihan dan implementasi website e-commerce tersebut, dan mengharapkan adanya kegiatan lanjutan berupa pelatihan digital marketing guna meningkatkan potensi desa, terutama kerajinan sepatu.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + six =