Dosen Sistem Informasi Universitas Telkom Bekali Guru SMK TARA dan Pamong Desa Cibogo Kab Cirebon Skill Microsoft Office

Tiga Dosen Sistem Informasi Universitas Telkom Bandung menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SMK TARA DEPOK Desa Cibogo Warujaya Kabupaten Cirebon pada Hari Sabtu 23 Februari 2019. Kegiatan ini berlangsung seharian mulai pukul 10.00 Pagi hingga Pukul 16.00. Kegiatan ini merupakan kegiatan Pengabdian Masyarakat yang diketuai Oleh Bapak Rahmat Fauzi, S.T., M.T dibantu oleh Bapak Edi Sutoyo, MCompSc, Bapak Ahmad Almaarif, M.T. Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada para guru dan perangkat desa akan pentingnya penguasaan teknologi informasi dan komputer saat ini, mengajarkan bagaimana menggunakan software Microsoft Office yang dapat digunakan untuk membantu proses pekerjaan, Serta Menata arsip-arsip dokumen sehingga jika suatu saat diperlukan akan dapat dengan cepat dan mudah untuk diakses.

Para Dosen memberi pelatihan Microsoft Office ( Microsoft Word dan Microsoft Excel ) kepada Guru Madrasah Ibtidaiyah Raudlatut Tholibin, Guru TPQ Raudlatut Tholibin , Guru SMK TARA Depok, dan Pamong Pemerintah Desa Cibogo Kecamatan Warujaya Kabupaten Cirebon.

Sebagai pembicara pada pelatihan ini ada dua narasumber. Yang pertama adalah Bapak Wahjoe Wicaksono, M.Kom selaku pemberi materi Microsoft Office. Materi yang diberikan seputar materi dasar dan Studi Kasus yang biasa dijumpai oleh Guru maupun Tata pamong Desa seperti pengarsipan Dokumen, Pembuatan Dokumen Surat – menyurat.

Pembicara Kedua adalah M. Rizal Habibi, S.T., M.BA sebagai pemandu materi Microsoft excel . Materi Excel seputar Formula Matematika Dasar, VLOOKUP, Singkronisasi Database sederhana, dan Visualisasi Basis Data. Habibi – yang di keseharian merupakan karyawan Telkom Indonesia Jakarta – membagi sedikit pengetahuan kepada para peserta sejumlah kasus yang biasa dia jumpai dalam permasalahan data di tempat dia bekerja.

Menurut Bapak Akhmad Khumaedi, S.HI, selaku kepala sekolah SMK TARA turut bahagia dengan acara ini, ” Kami ucapkan terima kasih atas kegiatan pengabdian masyarakat ini. ini merupakan acara yang ketiga kali nya Dari Universitas Telkom di SMK TARA. Kami juga mendukung jika ada kegiatan pelatihan seperti ini di kemudian hari.”

Sedangkan menurut Bapak Muamar Qadafi, S.Pd selaku perwakilan tata pamong Desa Cibogo turut antusias atas terlaksananya kegiatan pelatihan ini ” Terima kasih kepada Panitia dan Para Dosen Universitas Telkom. kegiatan pelatihan ini bisa membantu kami dalam kegiatan arsiparis dokumen serta perhitungan di excel untuk kegiatan kantor Desa Cibogo. Semoga ilmu yang telah diajarkan bisa memberi manfaat untuk kita semua.”

Di akhir acara, Panitia, Pembicara dan Para peserta kegiatan Pengabdian masyarakat mengabadikan moment kegiatan dengan foto bersama.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + fifteen =