FRI dan Bank Indonesia Bekerjasama Untuk Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

Bandung, Telkom University Pada Selasa (04/02) Fakultas Rekayasa Industri yang diwakili oleh dosen ketua kelompok keahlian (KK) dengan Departemen Ekonomi Keuangan Syariah Bank Indonesia melaksanakan pertemuan yang membicarakan mengenai detail rencana pemberdayaan ekonomi pesantren. Pertemuan ini merupakan kali kedua, dimana pada pertemuan pertama dilakukan pembahasan mengenai pemetaan potensi kerjasama antara kedua belah pihak untuk pemberdayaan ekonomi syariah.

Prodi Teknik Industri sendiri dari beberapa tahun ke belakang telah berhasil membuat beberapa produk mesin yang dapat digunakan untuk mendukung produksi industri-industri kecil hingga menengah, seperti mesin crusher, oven, mesin penghalus dan masih banyak lagi. Dari produk yang sudah ada inilah akan dimanfaatkan untuk digunakan di mitra pesantren-pesantren terpilih guna menunjang perekonomian pesantren tersebut. Pemilihan calon mitra ini dilakukan dengan dengan pemilihan proposal dan visitasi ke lokasi secara langsung untuk mengetahui potensi apa yang dapat dikembangkan disana.

Pertemuan kedua ini membahas secara teknis dan detail dari potensi para calon mitra, serta produk mesin apa yang dapat digunakan disana. Tidak hanya itu, analisis peluang daya serap pembeli dan optimasi kebutuhan produksi juga dikupas secara rinci dengan harapan bantuan serta kerjasama yang akan dijalin ke depannya dengan para mitra dapat bermanfaat untuk orang-orang sekitar ataupun masyarakat luas.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × two =