Lab BPAD & DASPRO Kolaborasi Adakan Internasional Workshop Tentang Process Mining

Seluruh peserta International Workshop on Process-Oriented Data Science Using Process Mining Approach dengan Pembicara Bernardo Nugroho Yahya, Ph.D dan Para Dosen FRI

Bandung, Telkom University Pada Kamis (06/02) Laboratorium Business Process Analysis Design (BPAD) dan Dasar Pemograman (Daspro) berkolaborasi mengadakan International Workshop on Process-Oriented Data Science Using Process Mining Approach. Workshop ini dihadiri oleh kurang lebih 50 pesertadengan pembicara Bernardo Nugroho Yahya, Ph.D yang merupakan associate professor dari Department of Industrial & Management Engineering Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan.

Workshop ini membicarakan mengenai data science yang berorientasi terhadap proses, dengan menggunakan pendekatan process mining. Data science sendiri merupakan sebuah kata yang sudah tidak asing terdengar di dunia yang penuh dengan data ini. Tujuan utama dari teknik data science adalah untuk mengekstrak pengetahuan dan wawasan dari data yang sudah ada dalam berbagai bentuk, bukan mengumpulkan data. Sedangkan process-oriented data science (PODS) merupakan sebuah disiplin baru yang mengkombinasikan antara proses analisis tradisional dengan analisis data sentrik, sehingga data yang sudah di ekstrak dapat dianalisis dengan tujuan tertentu. Kemudian ada yang dinamakan pendekatan process mining. Process mining ini merupakan sebuah metode analisis proses yang bertujuan untuk menemukan, mengamati, dan memperbaiki proses nyata dengan cara mengekstrak pengetahuan dengan lebih mudah melalui event logs yang sudah ada pada sistem informasi suatu organisasi.

Dengan topik yang sangat menarik dan spesifik, diharapkan workshop ini dapat membantu teman-teman mahasiswa menjadi lebih paham terhadap process-oriented data science menggunakan pendekatan process mining dan dapat mendalami juga mengaplikasikan ilmunya pada penelitian ataupun pekerjaan masing-masing.

Kontributor : Firjatullah Nastari

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − eight =