IMPLEMENTASI APLIKASI NAVIKU DI UPDT PUSKESMAS LEDENG KOTA BANDUNG 

Setelah sukses di gunakan di lingkungan SLB A Pajajaran Bandung, aplikasi NAVIKU kini diperkenal di UPDT PUSKESMAS Ledeng Kota Bandung melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilaksanakan oleh Tim Dosen Fakultas Rekayasa Industri , Universitas Telkom, yaitu  Ahmad musnansyah, Ir, M.S ,  Nia Ambarsari,S.Si,M.T dan Boby Hera Sagita SE.,M.M. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan tanggal 20 Juni 2024. 

Aplikasi NAVIKU adalah  hasil tugas akhir  mahasiswa Prodi S1 Sistem Informasi. Aplikasi  NAVIKU berfungsi untuk membantu para difabel netra untuk bernavigasi didalam ruangan. Aplikasi NAVIKU mampu memberi informasi arah menuju ruangan tertentu melalui pesan suara, setelah pengguna berhasil scand QR-Code yang dipasang di sekitar gedung tempat pengguna beraktivitas. 

Namun demikian implementasi Aplikasi NAVIKU di UPDT Puskesmas Ledeng Kota Bandung  akan berfungsi berbeda dengan biasanya. Aplikasi NAVIKU akan digunakan oleh orang normal, yang membutuhkan petunjuk lokasi ruangan, sehingga mengurangi perkejaan resepsionis puskesmas untuk menunjukan setiap ruangan yang harus dikunjungi oleh para pengunjung puskesmas. Hal ini merupakan alternatif baru untuk pemanfaatan aplikasi NAVIKU, bukan hanya untuk difabel Netra, namun juga dapat digunakan oleh orang normal. 

Harapannya dengan implementasi NAVIKU di UPDT Puskesmas Ledeng Kota Bandung ini dapat menjadi pilot projek aplikasi NAVIKU diimplementasikan di berbagai tempat umum, sehingga para difabel Netra ataupun orang-orang yang memiliki gangguan penglihatan mendapatkan pelayanan yang setara dimanapun berada. 

Author: Nia Ambarsari, S.Si., M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.