MENINGKATKAN KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING MELALUI PROGRAM PENDAMPINGAN PENYUSUNAN MODUL AJAR TEORI BILANGAN BAGI GURU-GURU PELATIH OSN DI SMP INSPIRATIF

Tim pengabdian kepada masyarakat Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Universitas Telkom yang terdiri dari Dr. Nopendri, Dra. Endang Budiasih, M.T.,  dan Nurdinintya Athari, S.Si., M.T. telah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMP Inspiratif, Kab. Bandung. SMP Inspiratif merupakan salah satu pondok pesanten modern boarding school yang beralamat di Kp. Cibisoro RT 05 RW 15 Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Sejak berdirinya tahun 2014, siswa-siswi SMP Inspiratif sudah menorehkan prestasi pada berbagai bidang, diantaranya prestasi di bidang olahraga, akademis, dam kegiatan lainnya.

Untuk meningkatkan prestasi, guru-guru SMP Inspiratif memerlukan kegiatan pembinaan tambahan bagi para siswa-siswi yang memiliki minat dan bakat sesuai bidangnya. Hal ini bertujuan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa-siswi terhadap bidang yang akan dilombakan sehingga diharapkan berhasil dalam berkompetisi.

Di bidang akademis, salah satu perlombaan yang diadakan adalah OSN (Olimpiade Sains Nasional). Untuk mempersiapkan OSN diperlukan persiapan bagi calon pesertanya, salah satunya dengan melaksanakan pelatihan yang dimulai dari materi dasar. Di bidang matematika, ilmu mengenai teori bilangan merupakan dasar dari pelajaran matematika yang perlu dikuasai oleh siswa-siswi calon peserta OSN. Oleh karena itulah, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan dengan memberikan pendampingan pembuatan workbook teori bilangan bagi guru matematika SMP Inspiratif yang ditujukan untuk dapat melatih siswa-siswi agar memiliki kemampuan untuk mengerjakan soal teori bilangan tingkat tinggi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh adanya potensi untuk mencapai kemampuan tersebut khususnya pada materi teori bilangan bagi calon peserta OSN.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan selama satu semester yang diawali dengan proses pendampingan pembuatan workbook teori bilangan kepada guru SMP. Pendampingan dilaksanakan secara onsite maupun online melalui media zoom meeting. Setelah dilakukan pembuatan workbook, kemudian workbook ini diuji coba kepada siswa-siswi SMP Inspiratif dalam 8x pertemuan.

Puncak kegiatan proses pendampingan ini dilakukan secara onsite yaitu Tim Pengabdian Universitas Telkom datang di SMP Inspiratif pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2024 yang secara resmi diterima oleh Ibu Wakasek Bidang Akademik, mewakili Ibu Kepala Sekolah yang saat itu sedang bertugas di luar sekolah. Pada kegiatan itu juga diserahkan secara resmi workbook teori bilangan untuk mendukung kegiatan pelatihan calon peserta OSN, sebagai kontribusi untuk siswa SMP Inspiratif.

Pada tahap selanjutnya, dapat dilakukan perancangan dan uji coba penggunaan workbook untuk materi lainnya sesuai dengan kebutuhan perlombaan bagi siswa-siswi SMP. Harapannya workbook yang telah dibuat dapat digunakan dan terus dikembangkan untuk peningkatan prestasi siswa-siswi SMP, terutama SPM Inspiratif.

Gambar 1: Penyerahan Modul Ajar Teori Bilangan kepada SMP Inspiratif, Bandung

Gambar 2: Tim pengabdian masyarakat FRI Telkom University bersama peserta pelatihan olimpiade matematika di SMP Inspiratif, Bandung

Gambar 3: Kegiatan uji coba workbook aritamatika di SMP Inspiratif

Author : Dra. Endang Budiasih, M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.