Modernisasi Pengelolaan RW dengan Penerapan Aplikasi GIS di RW 11 Cipamokolan

Pada hari Sabtu, 29 Juni 2024, kegiatan pengabdian masyarakat bertema pembuatan aplikasi sistem informasi berbasis Geographic Information System (GIS) untuk pengelolaan kegiatan di RW 11, Kelurahan Cipamokolan, telah sukses dilaksanakan. Acara berlangsung di Kantor RW 11 Cipamokolan, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung dari pukul 09.00 hingga 13.00.

Kegiatan ini diawali dengan sesi Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan pihak RW 11, dipimpin oleh Ketua RW, Budi Miharja. FGD ini dilaksanakan di awal kegiatan dengan tujuan untuk mengumpulkan informasi mengenai permasalahan yang dihadapi serta kebutuhan pengelolaan kegiatan di RW 11. Informasi yang diperoleh dari FGD ini menjadi dasar bagi tim pengabdian masyarakat dalam merancang aplikasi sistem informasi berbasis GIS yang relevan dan efektif. Ketua pelaksana kegiatan, Rino Andias Anugraha, S.T., M.M., memimpin tim dalam proses perancangan dan pengembangan aplikasi ini, yang memerlukan waktu dua bulan.

Setelah perancangan aplikasi selesai, tim melakukan verifikasi bersama pihak RW 11. Proses verifikasi ini bertujuan untuk mendapatkan umpan balik yang berharga serta bahan evaluasi guna pengembangan aplikasi lebih lanjut.

Pada tanggal 29 Juni 2024, aplikasi sistem informasi berbasis GIS resmi disosialisasikan kepada Budi Miharja dan tenaga administrasi RW 11. Sosialisasi ini tidak hanya memperkenalkan aplikasi, tetapi juga mengumpulkan umpan balik dari pengguna langsung. Respons yang diterima sangat positif, dan beberapa saran perbaikan dari pihak RW 11 telah diterima dan akan diimplementasikan dalam versi berikutnya dari aplikasi ini.

Hasil dari kegiatan ini menunjukkan keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan pengelolaan kegiatan RW berbasis pemetaan spasial. Aplikasi GIS ini diharapkan dapat membantu RW 11

dalam mengelola dan memantau kegiatan dengan lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam administrasi RW.

Dengan adanya aplikasi GIS ini, diharapkan RW 11 Cipamokolan dapat menjadi contoh bagi RW lainnya dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pengelolaan kegiatan yang lebih baik. Kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini menunjukkan pentingnya kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dalam menciptakan solusi yang inovatif dan bermanfaat bagi banyak pihak.

Author: Bela Pitria Hakim, S.T., M.T.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.