Pengenalan Sistem E-Voting pada siswa SMAN 1 Sumedang

Anggota dan dosen keprofesian Enterprise Architecture Universitas Telkom telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat di SMA Negeri 1 Sumedang pada hari Kamis 10 Oktober 2019. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00 di lab komputer SMA Negeri 1 Sumedang. Tujuan dari diselenggarakannya acara pengabdian masyarakat ini adalah untuk memperkenalkan penggunaan aplikasi E-Learning dan E-Voting yang berisi fitur-fitur yang dapat membantu proses akademik yang lebih cocok bagi guru dan murid yang awalnya menggunakan cara tradisional seperti pengumpulan tugas, pelaksanaan ulangan harian, menampilkan nilai secara kolektif dan kegiatan proses pembelajaran lainnya.

Susunan acara pada kegiatan ini yang pertama adalah pengenalan penggunaan aplikasi E-Learning dan E-Voting kepada Siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sumedang. Pada sesi pengenalan aplikasi ini membahas tentang bagaimana aplikasi tersebut berfungsi seperti fitur-fitur apa saja yang terdapat di aplikasi E-Learning dan E-Voting. Terdapat pembagian user pada penggunaan aplikasi ini untuk mendukung kegiatan pembelajaran di sekolah. Pada sesi acara selanjutnya adalah kegiatan pelatihan pembuatan web sederhana sebagai sarana pengenalan bahasa pemrograman kepada siswa SMA. Pelatihan web sederhana ini menggunakan html yang langsung dilakukan live coding oleh peserta pelatihan yang diajarkan terkait pengenalan aplikasi yang dipakai beserta fungsi dan cara penggunaannya, sehingga peserta pelatihan dapat mengetahui fitur-fitur yang ada di aplikasi dan cara kerjanya. Pelatihan web dimulai secara step-by-step melakukan live coding dengan memahami alur java yang akan dibuat dan diakhir sesi pelatihan web dilanjutkan dengan sesi pertanyaan mengenai apa yang telah dipelajari. Setelah itu pada sesi terakhir merupakan kegiatan pengenalan kemanan data yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari siswa dan siswi selama menggunakan internet untuk menjaga data pribadinya. Pelatihan pengenalan keamanan data dimulai dari bagaiamana pengamanan data yang dilakukan oleh IT Security Network, cara kerja keamanan data, apa saja yang berhubungan dengan kemanan data , bagaimana menerapkan keamanan data yang secure dan keuntungan dan kekurangannya lalu diakhiri dengan sesi pertanyaan pelatihan keamanan data.

Menurut Ibu Titin selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum di SMA Negeri 1 Sumedang, beliau menyapaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh panitia karena telah memberikan ilmu yang bermanfaat bagi siswa dan siswi SMA Negeri 1 Sumedang . Beliau juga mengharapkan diadakannya acara serupa yang melibatakan siswa dan siswi agar dapat lebih mengenal dan dapat memanfaatkan kemajuan teknologi dengan sebaik-baiknya.

Pada akhir acara, panitia dan para peserta kegiatan pengabdian masyarakat melakukan foto bersama untuk mengabadikan momen kegiatan acara ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 9 =