Telkom University Dukung Usaha Keripik Tempe Pesantren Arafah dengan Pengenalan dan Pelatihan Digital Marketing

Dalam era teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju, bisnis dituntut untuk
mampu beradaptasi dengan perubahan yang ada, termasuk dalam hal pemasaran. Pemasaran
digital atau digital marketing menjadi salah satu cara efektif bagi bisnis untuk tetap beroperasi
dan berinteraksi dengan konsumennya. Hal ini mendasari kegiatan Pengabdian kepada
Masyarakat (PkM) yang dilakukan oleh Fakultas Rekayasa Industri (FRI) Telkom University
untuk membantu usaha Keripik Tempe Pesantren Arafah yang berlokasi di Kecamatan Cililin,
Kabupaten Bandung Barat.


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini terdiri atas ketua pelaksana yakni Dr. Ir. Sinta Aryani,
M.A.I.S., I.P.U., bersama tim yang terdiri dari Dr. Ir. Endang Chumaidiyah, M.Sc., dan Ir. Budi
Praptono, M.M. Adapun mahasiswa FRI yang terlibat langsung dan berperan aktif dalam
kegiatan tersebut, di antaranya Olfio Yovanda, Rizky Noor Kamal, dan Muhamad Daffa Rial.
Kegiatan pengabdian masyarakat ini bersifat hybrid. Kegiatan dilakukan dengan
menggabungkan pertemuan daring dan luring yang dilaksanakan dari bulan Februari 2024 dan
berakhir setelah 4 bulan sejak dimulainya pendampingan tersebut. Tahapan kegiatan dimulai
dengan diskusi awal secara online untuk memahami permasalahan dan menyusun rencana
kegiatan yang tepat sasaran.


Selanjutnya, tim Pengabdian kepada Masyarakat melakukan kunjungan langsung ke lokasi
usaha untuk mengumpulkan informasi terkait kebutuhan pemasaran. Observasi ini bertujuan
untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kondisi usaha dan kebutuhan
pemasaran digital.
Setelah informasi terkumpul, dilakukan pengenalan konten digital marketing secara berkala
dari minggu ke minggu. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, dengan kunjungan langsung jika
diperlukan untuk memastikan efektivitas penyampaian materi.

Kegiatan pelatihan secara onsite juga dilakukan di Pondok Pesantren Arafah dengan
melibatkan enam peserta dari pihak mitra. Pelatihan ini mencakup pembuatan ide konten,
rancangan konsep visual, penulisan caption, hingga penjadwalan dan evaluasi konten.


Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan kemampuan peserta pelatihan dalam membuat
dan menganalisis konten digital. Hal ini didasarkan pada kuesioner pra dan pasca pelatihan
yang menunjukkan peningkatan kemampuan peserta dalam berbagai aspek pemasaran digital.
Kegiatan PkM ini berhasil membantu usaha Keripik Tempe Pesantren Arafah dalam memahami
dan menerapkan strategi pemasaran digital. Dengan pengetahuan yang diperoleh, diharapkan
pihak mitra dapat mengimplementasikan materi-materi yang telah diajarkan pada platform
digital untuk menjangkau lebih banyak konsumen.
Hasil pelatihan strategi pemasaran digital ini, dapat dilihat pada akun Instagram keripik tempe
Pesantren Arafah: https://www.instagram.com/tempearafah?igsh=ZGh4MXgxcmR3M2x3

Author : Dr.Ir. Sinta Aryani, MAIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Contact us

Give us a call or fill in the form below and we will contact you. We endeavor to answer all inquiries within 24 hours on business days.