Dosen Sistem Informasi Universitas Telkom merancang “Pembuatan Website Profil Sekolah” Bagi SMK Lugina Rancaekek Kabupaten Bandung sebagai bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat

Bersama Bapak Enid Nurhafi (Kepala Sekolah SMK Lugina) dalam rangka serah terima website

Kegiatan Pengabdian Masyarakat adalah salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian. Dalam rangka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (Abdimas), kami selaku dosen Program Studi Sistem Informasi Telkom University melakukan kegiatan Abdimas yang bertempat di SMK LUGINA RANCAEKEK, Jl. Raya Majalaya – Rancaekek Desa No.5, Bojongloa, Rancaekek, Bandung, Jawa Barat 40394. Kegiatan Abdimas ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Prodi Sistem Informasi dengan susunan tim :

Ketua Pelaksana       : Warih Puspitasari S.Psi, M.Psi

Anggota                      : Muhardi Saputra S.ST, M.T

Tanggal Pelaksanaan : 20 November 2019

Permasalah utama pada mitra, SMK LUGINA RANCAEKEK adalah masih belum memiliki website profil sekolah yang memadai padahal sekolah ini telah berdiri cukup lama. Seiring dengan perkembangan teknologi di bidang pendidikan maka sekolah perlu untuk terus berinovasi dalam meningkatkan pelayanan dan interaksi dengan orang tua murid pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Salah satu cara untuk mencapai hal ini adalah dengan memanfaatkan media internet dalam bentuk pembuatan website sekolah yang representatif. 

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk tersedianya website profil sekolah SMK LUGINA RANCAEKEK sebagai media interaksi antara sekolah dengan masyarakat, selain itu juga untuk menunjang penilaian dalam proses akreditasi yang akan dihadapi oleh SMK LUGINA RANCAEKEK. Hal ini disebabkan karena saat ini website bagi sekolah tidak hanya sekedar sebagai fasilitas untuk dunia pendidikan dan mendapatkan informasi terbaru terkait pendidikan terutama di negara Indonesia; namun juga bisa memberi kesan baik dan juga profesionalisme untuk sekolah tersebut. Salah satu ha penting adalah bagaimana pemanfaatan website sekolah dapat digunakan untuk penerimaan calon siswa baru setiap tahunnya.

Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan diperoleh hasil akhir berupa pembuatan website sekolah di SMK LUGINA RANCAEKEK. Selain itu juga berbagai informasi sekolah yang menjadi daya tarik masyarakat dalam memandang citra sekolah. Peningkatan mutu kegiatan belajar mengajar siswa yang dapat dipantau oleh orang tua/wali secara real time. Memungkinkan untuk memudahkan informasi nilai lebih cepat tersampaikan.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − two =