Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Diskominfo Kabupaten Bandung

Pada 25 April 2019, telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Masyarakat (Abdimas) yang bertempat di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi selain pengajaran dan penelitian. Dengan kata lain, Abdimas ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi.

Kegiatan Abdimas ini dilaksanakan oleh Tim Dosen Prodi Sistem Informasi dengan susunan tim

  • Ketua Pelaksana : Ahmad Almaarif serta
  • Anggota                : R. Wahjoe Witjaksono dan Muharman Lubis, dan
  • Pemateri               : Umar Yunan KSH dan Muharman Lubis

Bermula dari kekhawatiran tentang pentingnya kesadaran tentang keamanan informasi (security awareness) terutama pada informasi publik yang dikelola oleh instansi pemerintahan, kami mengusulkan untuk mengadakan kerjasama dalam menyelenggarakan pelatihan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Diskominfo Kabupaten Bandung. Respon dari pihak Diskominfo Kabupaten Bandung sangat baik. Akhirnya pada tanggal 25 April 2019, diadakan pelatihan dengan topik “Pelatihan Kesadaran Keamanan Informasi untuk Meningkatkan Kewaspadaan atas Keamanan Informasi di Diskominfo Kabupaten Bandung”

Pelatihan ini berpusat pada pengenalan dua topik besar:

  1. Pengenalan kerawanan (vulnerability) pada sistem
  2. Pengenalan ancaman-ancaman terhadap informasi yang sering terjadi pada organisasi

Kegiatan Abdimas ini dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bandung dan Kepala Bidang Keamanan Informasi dan Persandian Diskominfo Kabupaten Bandung beserta jajarannya. Pelatihan Kesadaran Keamanan Informasi diharapkan dapat meningkatkan kesadaran staf dan pimpinan Dinas Komunikasi, Statistika dan Informatikan Kabupaten Bandung tentang pentingnya keamanan informasi, tidak hanya dari sisi teknis tapi juga dari sisi operasional. Selain itu, pelatihan ini juga mendukung pembentukan divisi baru di Diskominfo, yaitu Divisi Keamanan Informasi dan Persandian yang dibentuk pada awal tahun 2019.

Foto Tim Dosen bersama jajaran Diskominfo Kabupaten Bandung
Pelaksanaan Pelatihan
Penandatanganan Berita Acara Pelaksanaan Abdimas oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Bandung

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × two =