Pelatihan Pemasaran Digital dengan Menggunakan Tools Facebook Ads Ala Dosen FRI

Perkembangan media digital saat ini sangat berpengaruh dalam kegiatan pemasaran. Media digital memiliki banyak keuntungan dalam membantu pemasaran, seperti bisa mencapai target lebih luas, dapat menyampaikan berbagai jenis konten, dan paling penting adalah bisa melakukan pengukuran performansi pemasaran. Bisnis dalam berbagai skala kini menggunakan media digital dalam melakukan pemasarannya, baik bisnis skala kecil maupun skala besar. Pemasaran digital juga dapat dilakukan untuk memasarkan jasa dan karya milik perseorangan atau mendukung dalam kegiatan personal branding. Berdasarkan latar belakang tersebut Fakultas Rekasaya Industri, melakukan pengabdian masyarakat ke SMK Telkom Bandung pad atanggal 22 November 2019.

SMK Telkom Bandung sebagai mitra pengabdian masyarakat, adalah sekolah menengah kejuruan yang memiliki tiga program studi. Salah satunya adalah program studi multimedia yang mendukung siswanya terus berkreasi menggunakan berbagai jenis media dan teknologi terbaru. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam perjalanannya SMK Telkom Bandung telah menghasilkan banyak karya dalam bidang multimedia. Sementara itu lulusan SMK Telkom Bandung masih sedikit yang berwirausaha, padahal dengan hasil karya yang terbilang cukup banyak sangat memungkinkan untuk dipasarkan produk maupun jasanya ke pasar yang membutuhkan.

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membekali guru dan siswa dengan pengetahuan baru yaitu pemasaran digital dengan maksud supaya hasil karya siswa dapat dipamerkan di pasar yang lebih luas melalui media digital. Dengan mengekspos hasil karya ini diharapkan semakin banyak yang mengetahui kemampuan kreatif dari siswa siswi SMK Telkom Bandung sehingga dapat meningkatkan peminatan akan produk maupun jasa. Selain itu dengan pemasaran melalui media digital diharapkan membantu dalam meningkatkan personal branding dari siswa siswi SMK Telkom Bandung, sehingga mereka memiliki ciri khas yang mampu mendiferensiasi dari banyak karya digital di seluruh dunia.

Bertempat di SMK Telkom Bandung dosen FRI dari Program Studi Sitem Inforamsi Alvi Syahrina dan team melakukan pelatihan pemasaran digital dengan menggunakan tools Facebook Ads. Peserta dalam kelompoknya telah mencoba menggunakan Facebook dan Instagram dalam memasarkan bisnis maupun karyanya. Dengan pelatihan ini kedepannya diharapkan peserta dapat melakukan pemasaran menggunakan media digital untuk mencapai audiens lebih luas lagi dan mencapai tujuan bisnisnya. Kegiatan ini mendaptakan sambutan dan apresiasi positif dari peserta dan parapeserta mengharapkan ada kegiatan lanjutan setalah pelatihan ini

Kontributor: Alvi Syahrina

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve + 8 =